Festival Sungai Jangkuk Patut Didukung, Gairahkan Seni dan Budaya

Festival Sungai Jangkuk Patut Didukung, Gairahkan Seni dan Budaya

Gaya Hidup | genpi.co | Minggu, 10 Juli 2022 - 15:00
share

GenPI.co Ntb - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro NTB, mendukung agenda Festival Kali Jangkuk yang digagas Kelurahan Pajeruk, Kecamatan Ampenan dan Karang Taruna setempat untuk menggairahkan seni dan budaya setempat.

Agenda tersebut akan digelar pada 23 Juli 2022 yang diisi dengan seni tradisional Cilokaq, Gendang Beleq, dan Peresean serta perkusi ikrar.

Bahkan menghadirkan musisi balada asal Pulau Lombok, Ary Juliyant serta musisi yang berada di kawasan tersebut.

Kepala Biro LKBN Antara NTB, Riza Fahriza mengatakan, agenda tersebut patut didukung karena merupakan maha karya dari kerja remaja Karang Taruna setempat bersama kelurahan.

"Mudah-mudahan melalui ajang ini, akan menjadi rutinitas setiap tahunnya bahkan menjadi ikon bagi Kota Mataram. Menarik sekali temanya antara seni dan budaya serta Kali Jangkuk yang menjadi saksi sejarah perkembangan Kota Mataram selama ini, " paparnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Kali Jangkuk, Samsul Basri menyatakan kegiatan tersebut akan memanfaatkan ruas jalan yang berada di bantaran Kali Jangkuk sepanjang 800 meter.

"Sepanjang jalan itu, akan diisi kegiatan seni baik modern sampai tradisional dengan menggunakan tiga panggung. Bahkan diisi dengan karnaval menggunakan pakaian adat, " katanya.

Sementara itu, Lurah Pejeruk, Lalu Bagus Afriady menyatakan pihaknya mengadopsi konsep Malioboro Yogyakarta untuk mengembangkan kawasan di pinggir Kali Jangkuq sebagai pusat kegiatan hiburan dan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal.

"Kami akan melaksanakan kegiatan hiburan dan ekonomi setiap Sabtu malam dirangkaikan dengan malam tanpa kendaraan bermotor di sepanjang 800 meter pinggir Kali Jangkuq mulai pukul 19.00- 22.00 WITA," katanya.(*)

Lihat video seru ini:

Topik Menarik