Ini Ciri-Ciri Janin Sehat Di Dalam Kandungan

Ini Ciri-Ciri Janin Sehat Di Dalam Kandungan

Gaya Hidup | yesdok.com | Sabtu, 9 Juli 2022 - 18:40
share

Ibu hamil dianjurkan untuk rutin melakukan USG sebagai upaya memantau kesehatan serta perkembangan janin dalam kandungan. Untuk menjaga kesehatan baik pada ibu hamil dan juga janin, menjaga pola makan dan aktivitas adalah hal yang penting dilakukan demi kelancaran kehamilan. Meski begitu, tidak ada salahnya jika ibu hamil mengetahui kondisi kesehatan bayi secara spesifik untuk memantau selama di rumah.

Dengan begitu, ibu hamil dapat mempermudah dalam mendeteksi masalah yang terjadi pada janin. Berikut ini ciri-ciri janin sehat di dalam kandungan yang wajib diketahui:

Terasa adanya gerakan janin

Salah satu ciri-ciri janin yang sehat adalah adanya pergerakan janin. Pergerakan janin dalam kandungan sudah dapat dirasakan sekitar usia kandungan lima bulan. Gerakan janin pertama kali bisa berupa tendangan dan ini adalah hal yang normal. Janin yang bergerak secara aktif menandakan bahwa jumlah oksigen yang diterima oleh janin sangat cukup dan optimal.

Sering buang air kecil

Semakin besar usia kehamilan akan membuat perut ibu hamil juga ikut membesar. Dan, hal inilah yang akan membuat saluran kemih tertekan sehingga mendorong ibu hamil buang air kecil lebih sering dari biasanya. Karena letak kandung kemih persis di bawah rahim. Namun, tidak perlu khawatir hal ini akan hilang dalam beberapa minggu setelah bayi lahir.

Jumlah air ketuban normal

Air ketuban memegang peranan penting dalam kehamilan. Fungsi air ketuban untuk melindungi janin selama di dalam rahim dari infeksi hingga guncangan. Ini kenapa air ketuban sering kali disebut sebagai bantalan dalam kandungan. Jumlah air ketuban bisa dijadikan sebagai indikator untuk mengukur kesehatan janin. Jumlah air ketuban yang normal saat usia kehamilan 12 minggu adalah 60 ml. lalu bertambah menjadi 175 ml saat memasuki usia kandungan 16 minggu dan pada usia kandungan 34 minggu sekitar 800 ml.

Detak jantung janin stabil

Detak jantung si kecil sudah mulai ada sejak usia kandungan 5 minggu. Detak jantung yang stabil setiap bulannya menandakan janin dalam keadaan sehat. Detak jantung bayi yang sehat berkisar antara 110-160 denyut per menit.

Perut membesar

Semakin tua usia kandungan maka akan semakin besar juga ukuran perut ibu hamil. Hal ini menunjukkan adanya perkembangan bayi di dalam kandungan. Namun, sebenarnya besar atau kecilnya perut berbeda pada setiap ibu hamil. Ada pula beberapa ibu hamil yang perutnya tidak terlalu besar meski menginjak usia kandungan yang semakin tua namun janinnya dalam keadaan sehat-sehat saja.

Berat badan ibu hamil bertambah

Bukan hanya berat bayi yang wajib bertambah setiap bulannya, bertambahnya berat badan ibu hamil juga merupakan salah satu ciri janin sehat. Normalnya, berat badan ibu hamil memang akan terus bertambah meskipun tidak dalam jumlah yang banyak.

(Foto: news medical)

Topik Menarik