Loading...
Loading…
7 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Tahan Sampai 12 Bulan

7 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Tahan Sampai 12 Bulan

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Sindonews | Sabtu, 09 Juli 2022 - 13:57

JAKARTA Sedikitnya ada tujuh cara menyimpan daging kurban di kulkas yang bisa diketahui. Dengan begitu, daging akan tetap segar dan bisa dikonsumsi kapanpun dibutuhkan.

Hari Raya Idul Adha identik dengan hari raya kurban. Dimana umat islam yang mampu di tanah air menyembelih hewan kurban dan dibagikan kepada saudara yang membutuhkan. Saking banyaknya, terkadang daging kurban tidak bisa habis dalam satu kali masak dan harus disimpan di lemari pendingin atau kulkas sehingga bisa digunakan untuk hari esok.

Namun, untuk menyimpan daging dalam kulkas rupanya tidak asal hanya sekedar menyimpan saja. Terdapat beberapa cara menyimpan daging kurban di kulkas.

Berikut tujuh cara menyimpan daging kurban di kulkas seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Jangan Cuci Daging

Sebelum menyimpan daging di kulkas, jangan cuci daging terlebih dulu. Bila daging dicuci maka air yang terkandung dalam daging akan bertambah.

Bersihkanlah daging menggunakan tisu atau handuk kering. Setelah itu masukan daging dalam plastik dan tutup rapat, jika bisa gunakan plastik warp. Setelah itu masukan daging dalam kulkas.

2. Potong Daging sebelum Disimpan

Sebelum daging disimpan lebih baik potonglah terlebih dahulu menjadi bagian bagian kecil. Hal ini berguna untuk mencairkan daging beku nantinya. Cara ini juga bertujuan untuk meminimalisir kontaminasi bakteri.

3. Gunakan Wadah Kedap Udara

Cara ini merupakan langkah tepat apabila ingin daging awet karena akan membantu menjaga kualitas suhu. Terutama untuk daging dengan kadar lemak tinggi. Hindari juga penggunaan wadah dengan bahan kimia.

4. Periksa Kondisi Kulkas

Memeriksa temperatur atau suhu kulkas penting apabila akan menyimpan daging. Pastikan suhu di bawah -18 derajat celcius, dan usahakan kulkas tidak terlalu penuh karena sirkulasi udara nantinya tidak akan mengalir dengan baik.

5. Masukkanlah Daging dalam Kulkas Segera

Daging sebaiknya tidak dibiarkan dalam suhu ruangan lebih dari dua jam karena akan mempengaruhi pertumbuhan mikroorganisme.

Sebaiknya jangan langsung memasukkan ke dalam freezer. Masukkanlah dalam chiller dengan suhu sekitar 4 derajat celcius. Supaya tidak mengalami perubahan suhu secara drastis.

6. Masukkan dalam Freezer

Setelah dari chiller masukkanlah daging ke dalam freezer agar kualitasnya tetap terjaga. Berikut adalah suhu dan durasi penyimpanan maksimumnya :

- Untuk 2 bulan disimpan pada suhu -12C.- Untuk 4 bulan disimpan pada suhu -18C.- Untuk 8 bulan disimpan pada suhu -24C- Untuk 12 bulan disimpan pada suhu -30C

7. Jangan Cairkan pada Suhu Ruangan

Setelah daging dibekukan, sebaiknya jangan dicairkan pada suhu ruangan. Sebab, daging yang sudah bersentuhan dengan udara luar akan mulai bereaksi terhadap bakteri.

Cara mengatasinya bisa dengan meletakkan daging di chiller atau suhu yang lebih rendah terlebih dahulu agar daging mencair tanpa harus kehilangan suhu dinginnya.

(bim)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{