Loading...
Loading…
Dokter Ingatkan Bahaya Duduk Lama-Lama, Bikin Tulang Belakang Bermasalah!

Dokter Ingatkan Bahaya Duduk Lama-Lama, Bikin Tulang Belakang Bermasalah!

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Celebrities | Sabtu, 09 Juli 2022 - 13:17

JAKARTA, celebrities.id - Duduk seharian dengan melakukan aktivitas yang padat ternyata bisa menjadi masalah lho. Pasalnya, kebiasaan duduk lama-lama meningkatkan risiko masalah tulang belakang.

Ahli Tulang Belakang ALTY Orthopaedic Hospital dr Wong Chung Chek menjelaskan bahwa duduk lama-lama terbukti meningkatkan masalah tulang belakang. Terlebih jika Anda duduk di kursi yang terlalu empuk.

"Ada tekanan di pinggang belakang jika Anda duduk lama-lama dan itu memengaruhi secara langsung kesehatan tulang belakang Anda," kata saat dijumpai di Kuala Lumpur, Malaysia, beberapa hari lalu.

Adanya kaitan antara duduk lama dengan masalah tulang belakang juga yang menciptakan fenomena baru yaitu standing desk atau kerja di meja berdiri.

Jika kerja berdiri tidak memungkinkan bagi Anda, dr Wong menyarankan agar sebisa mungkin batasi duduk Anda tak lebih dari 30 menit. Artinya, setiap 30 menit duduk, Anda bangun dan lakukan peregangan.

"Duduk 30 menit lalu bangun dan melakukan peregangan adalah upaya yang bisa dilakukan pada orang-orang yang kerjanya duduk. Ini bisa meminimalisir risiko masalah tulang belakang," kata dr Wong.

Selain duduk lama-lama, masalah tulang belakang juga bisa terjadi kalau postur duduk Anda tidak benar. Jika Anda duduk tapi tetap bungkuk, ini pun akan menciptakan masalah tulang belakang.

"Postur duduk menjadi salah satu faktor penentu bagaimana kesehatan tulang belakang Anda yang masih muda di masa tua kelak. Artinya, jika postur duduk sejak muda sudah salah, tidak tegak, ya, besar kemungkinan di masa tua Anda punya masalah tulang belakang," tutur dia.

Karena itu, dr Wong amat merekomendasikan agar Anda duduk dengan postur yang tepat. Pastikan tulang belakang tegak sekalipun sedang duduk. Jika memungkinkan bisa menggunakan kursi khusus yang menunjang postur tulang belakang pada posisi ideal.

Original Source

Topik Menarik

{