Jelang Idul Adha, 847 Hewan Ternak di Kota Tangerang Suspek PMK

Jelang Idul Adha, 847 Hewan Ternak di Kota Tangerang Suspek PMK

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 5 Juli 2022 - 11:26
share

TANGERANG, celebrities.id - Sebanyak 847 hewan ternak di Kota Tangerang suspek penyakit mulut dan kuku (PMK). Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang Ibnu Ariefyanto.

Per tanggal 3 Juli 2022 untuk hewan ternak yang terjangkit PMK sebanyak 847 ekor, katanya dalam keterangan yang diterima, Selasa (5/7/2022).

Kendati demikian, Ibnu menuturkan bahwa presentase kesembuhan hewan ternak saat ini mencapi 74,50 persen atau sekitar 631 ekor.

Dijelaskannya bahwa sapi menjadi hewan ternak terbanyak yang terjangkit PMK. Diketahui sebelumnya, tercatat sebanyak 825 hewan ternak terjangkit PMK pertanggal 4-27 Juni 2022 lalu.

Tak hanya itu, tiga ekor sapi dikabarkan mati dengan 29 hewan harus dipotong paksa.

Dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan lebih teliti untuk memilih hewan kurban. Sebab, kata dia, daging sapi dari hewan yang terpapar PMK masih bisa dikonsumsi.

Diakuinya saat ini pihaknya tengah mempersiapkan upaya vaksinasi kepada hewan ternak di Kota Tangerang yang ditargetkan akan dilaksanakan setelah pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah.

Kita kan nggak banyak ya peternaknya, mereka harus daftar ke temen-temen yang ada di kelurahan, kecamatan, baru kita coba fasilitasi vaksinnya, katanya.

Topik Menarik