Target Vaksinasi PMK di Sleman Tercapai, 5 Hari Suntikkan 3.100 Dosis

Target Vaksinasi PMK di Sleman Tercapai, 5 Hari Suntikkan 3.100 Dosis

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 3 Juli 2022 - 23:06
share

SLEMAN, iNews.id - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman berhasil menyelesaikan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) sesuai target. Selama lima hari mereka melaksanakan vaksinasi kepada 3.100 ekor sapi.

Pelaksana tugas Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, DP3 Kabupaten Sleman drh Nawangwulan mengatakan, vaksinasi PMK tahap pertama di Sleman berjalan sesuai target berkat peran semua pihak. Alokasi 3.100 dosis bisa diselesaikan tepat waktu pada 30 Juni kemarin.

Alhamdulillah 30 Juni, 3.100 dosis vaksin selesai semua, katanya.

Dinas mengerahkan semua tenaga yang ada, mulai dari tenaga medis, paramedis maupun veteriner. Mereka juga dibantu sumberdaya manusia dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, PDHI, satgas PMK UGM dan ISPI.

Kami sekarang akan fokus pada pengawasan hewan ternak menjelang pelaksanaan Idul Adha, katanya.

Kepala DP3 Sleman, Suparmono mengatakan, program vaksinasi PMK di Sleman dilaksanakan sejak 26 Juni lalu. Dalam kurun wkatu lima hari menyelesaikan vaksinasi 3.100 dosis.

Semuanya dapat berjalan sesuai target, selesai sebelum 5 Juli, katanya.

Pada vaksinasi PMK petugas dibagi menjadi 16 tim. Satu tim terdiri atas tiga dokter hewan, paramedis dan petugas input data yang bergerak serentak dalam satu komando. Mereka menyasar seluruh hewan ternak yang rawan terjangkit PMK.

Sebelum berangkat, para petugas vaksinator juga telah mendapat pembekalan di Posko induk di Puskeswan Cangkringan, katanya.

Suparmono mengatakan, satu komando dalam pelaksanaan vaksinasi PMK ini, yang membuat pelaksanaan vaksinasi PMK tahap pertama di Sleman berjalan sesuai harapan.

Proses yang agak ribet pada input datanya. Sehingga petugas yang ada di lapangan mencatat data sementara, kemudian data itu dilaporkan ke kabupaten untuk dilaporkanke isikhnas, katanya.

Topik Menarik