Dituduh Angkut Gandum Curian dari Ukraina, Kapal Kargo Rusia Ditahan Otoritas Turki

Dituduh Angkut Gandum Curian dari Ukraina, Kapal Kargo Rusia Ditahan Otoritas Turki

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 3 Juli 2022 - 22:46
share

KIEV, iNews.id - Otoritas bea cukai Turki telah menahan sebuah kapal kargo Rusia yang membawa gandum. Ukraina mengklaim gandum itu sengaja dicuri dari negaranya.

Hal ini disapaikan duta besar Ukraina untuk Turki, Vasyl Bodnar pada Minggu (3/7/2022). Kapal kargo berbendera Rusia itu bernama Zhibek Zholy.

Kami memiliki kerja sama penuh. Kapal saat ini berdiri di pintu masuk pelabuhan, telah ditahan oleh otoritas bea cukai Turki, kata Duta Besar Vasyl Bodnar di televisi nasional Ukraina.

Menurut seorang pejabat dan dokumen yang dilihat oleh Reuters, Ukraina sebelumnya telah meminta Turki untuk menahan kapal kargo Zhibek Zholy berbendera Rusia. Kapal kargo itu berlabuh sekitar 1 km dari pantai dan di luar pelabuhan Karasu pada hari Minggu.

Tidak ada tanda-tanda pergerakan yang jelas di atas kapal atau oleh kapal lain di dekatnya.

Bodnar mengatakan nasib kapal akan diputuskan oleh pertemuan penyelidik pada Senin (4/7/2022). Ukraina berharap biji-bijian yang diangkut kapal kargo itu akan disita.

Ukraina menuduh Rusia mencuri gandum dari wilayah yang telah direbut sejak invasi Moskow dimulai pada akhir Februari. Kremlin sebelumnya membantah pernyataan Ukraina tersebut.

Seorang pejabat kementerian luar negeri Ukraina, mengutip informasi dari administrasi maritim Ukraina mengatakan kepada Reuters pada Jumat (1/7/2022), Zhibek Zholy 7.146 dwt telah memuat kargo pertama sekitar 4.500 ton biji-bijian Ukraina. Bahan pangan itu diangkut dari Berdyansk, pelabuhan yang diduduki Rusia di selatan Ukraina.

Otoritas pelabuhan Sakarya di wilayah itu tidak segera dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Kementerian luar negeri Turki juga tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Topik Menarik