Korut Tuding Amerika Mau Bikin NATO Asia

Korut Tuding Amerika Mau Bikin NATO Asia

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 3 Juli 2022 - 21:39
share

Korea Utara (Korut) menuding, kesepakatan dan kerja sama yang terjadi antara Amerika Serikat (AS), Korea Selatan, dan Jepang, merupakan langkah AS untuk membuat aliansi militer baru di Asia. Sejenis NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) untuk wilayah Asia.

Kenyataan menunjukkan, tujuan sebenarnya AS menyebarkan desas-desus tentang ancaman dari Korea Utara untuk memberikan alasan demi mencapai supremasi militer di kawasan Asia Pasifik, kata Kementerian Luar Negeri Korea Utara, kemarin.

Tudingan petinggi Korea Utara ini cukup beralasan. Pasalnya, para pemimpin Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang diundang hadir di pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO, Rabu (29/6).

Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, serta Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, menyatakan keprihatinan mendalam atas uji coba rudal Korut.

Ketiganya setuju bahwa kemajuan program nuklir dan rudal Korea Utara akan menimbulkan ancaman serius, tak hanya bagi semenanjung Korea tapi seluruh Asia Timur dan dunia.Mereka pun mengatakan akan bekerja sama lebih erat untuk mengatasi ancaman yang ditimbulkan Pyongyang.

Korea Utara telah melakukan uji coba rudal dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan diyakini oleh beberapa pihak sedang mempersiapkan uji coba nuklir lainnya.

Kemampuan pencegahan aliansi Jepang-Amerika dan Amerika-Republik Korea, perlu ditingkatkan sebagai bagian dari upaya penting memperkuat kemitraan trilateral antara Jepang, Amerika dan Korea Selatan, kata Kishida.

Seperti diketahui, ini merupakan pertama kalinya petinggi Jepang dan Korea Selatan hadir dalam pertemuan tahunan NATO sebagai negara pengamat.***

Topik Menarik