Loading...
Loading…
Resep Cepat Dapat Kerja Meski Baru Lulus Kuliah, Lulusan Baru Merapat

Resep Cepat Dapat Kerja Meski Baru Lulus Kuliah, Lulusan Baru Merapat

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | TrenAsia | Minggu, 03 Juli 2022 - 11:10

JAKARTA - Tantangan bagi lulusan baru adalah bagaimana mendapat pekerjaan setelah lulus berkuliah.

Lamanya masa tunggu dalam pencarian kerja biasanya menyebabkan sejumlah dari mereka menganggur dan merasakan tekanan dari lingkungan.

Meskipun menganggur setelah kuliah dalam wktu beberapa bulan dianggap hal wajar, Anda bisa menghindari hal ini jika tahu resepnya.

Berikut hal yang bisa Anda lakukan saat kuliah atau masa peralihan wisuda untuk menghindari masa menganggur lama ketika sudah lulus kuliah. 1. Tunjukkan keahlian

Biasanya saat melakukan rekrutmen, perusahaan akan mencari calon karyawan yang memiliki keahlian optimal serta mampu bekerja dengan baik.

Karenanya, cara cepat untuk dapat kerja setelah lulus yang bisa Anda lakukan adalah dengan menujukkan keahlian.

Anda dapat mengikuti suatu seminar atau pelatihan saat kuliah supaya memperkuat keahlian yang dimiliki. Biasanya dengan mengikuti seminar atau pelatihan, Anda akan mendapat sertifikat dan tentunya berguna saat mencari pekerjaan. 2. Perkuat koneksi

Memperkuat relasi atau koneksi adalah hal paling berpengaruh dalam mencari pekerjaan. Caranya adalah dengan bertemu dan berteman dengan banyak orang.

Baca Juga :
Lulusan Baru Sukses Dapat Kerja? Ikuti 4 Tips Mujarab Ini

Anda bisa memanfaatkan sejumlah platform pernjari kerja seperti LinkedIn untuk memperkuat relasi Anda. Selain memperkuat relasi, Anda bisa mendapatkan info teranyar terkait dengan laporan kerja yang anda incar sesuai minat Anda. 3. Datang ke Job Fair

Job fair jadi wadah bagi para lulusan baru untuk mendapat pekerjaan. Pada Job Fair, biasanya ada kesempatan untuk turut berpartisipasi dalam suatu interview dari perusahaan atau disebut juga sebagai walk in interview.

Jika Anda hadir dalam Job Fair, jangan lupa menyiapkan CV serta Cover Letter terbaik Anda ketika mengikuti job fair. 4. Percaya diri

Dunia profesional tidak hanya menuntut Anda untuk bisa bekerja dengan profesional. Namun turut mengharuskan Anda untuk percaya diri dan bermental baja.

Perlu diketahui, mengikuti seluruh proses mencari kerja sangat melelahkan. Karenanya tak jarang Anda harus bisa tetap percaya diri dan kuat mental.

Dengan begitu, Anda dapat mengikuti seluruh proses mencari kerja sampai tekan kontrak dengan baik. Pada akhirnya, Anda pun bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat. 5. Pelajari Cara Membuat CV yang Baik

Baca Juga :
4 Tips Dapat Kerja untuk Fresh Graduate ala Pakar HR

Cara cepat dapat pekerjaan setelah lulus yang bisa Anda lakukan sejak awal adalah mempelajari cara membuat CV yang baik.

Saat ini, sudah banyak platform yang menyajikan ilmu terkait membuat CV yang menarik. Anda juga dapat membuat CV yang baik dengan menggunakan format ATS-friendly yang memudahkan para HRD untuk membaca curriculum vitae Anda.

Original Source

Topik Menarik