3 Obat Alami untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

3 Obat Alami untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Gaya Hidup | genpi.co | Minggu, 3 Juli 2022 - 05:10
share

GenPI.co - Kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang lebih serius.

Ada beberapa pilihan pengobatan kolesterol yang bisa kamu coba. Mulai dari suplemen penurun kolesterol, obat-obatan kimia, hingga obat herbal kolesterol.

Apa saja pilihan obat alami kolesterol atau penurun kolesterol alami yang mungkin bisa kamu coba?

Bawang putih

Bawang putih dipercaya merupakan salah satu jenis herbal yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat pada jurnal Nutrition Research and Practice, bawang putih terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Di dalam penelitian tersebut, bubuk bawang putih yang dikonsumsi tidak hanya menurunkan kadar LDL, tapi juga menurunkan total kadar kolesterol darah secara menyeluruh.

Angkak

Angkak atau bisa disebut sebagai red yeast rice merupakan tanaman herbal lain yang dianggap dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol.

Angkak merupakan makanan dan obat tradisional yang berasal dari Tiongkok dan sudah sering dipakai sejak berabad-abad lalu.

Angkak dipercaya dapat menurunkan kolesterol, melancarkan sirkulasi darah, dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Angkak dibuat dengan cara fermentasi dengan menambahkan ragi Monascus purpureus pada beras merah.

Jahe

Selain penggunaan bawang putih sebagai obat herbal untuk kolesterol, jahe juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Tanaman herbal yang satu ini memang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, mulai menurunkan kadar kolesterol hingga membantu pengobatan kanker. (hellosehat)

Simak video berikut ini:

Topik Menarik