Pemkot Bandung akan Bangun Tempat Wisata dan Olahraga Baru di RTH

Pemkot Bandung akan Bangun Tempat Wisata dan Olahraga Baru di RTH

Gaya Hidup | genpi.co | Minggu, 3 Juli 2022 - 03:00
share

GenPI.co Jabar - Pemerintah Kota Bandung siap memanfaatkan ruang terbuka hijau (RTH) sebagai sarana pariwisata dan olahraga.

RTH yang rencananya bakal dimanfaatkan tersebut berada di lahan bekas penertiban bantaran sungai, kawasan Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung.

"Lahan publik dikembalikan lagi menjadi ruang dan kemanfaatan untuk publik. Ada tempat pariwisata dan sarana olahraga," kata Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau kawasan Binong, dikutip dari laman resmi Pemkot Bandung, Sabtu (2/7).

Dengan hadirnya fasilitas ruang terbuka baru itu, dia berharap masyarakat bisa semakin bahagia.

"Masyarakat bisa benar-benar memanfaatkan dengan maksimal. Mudah-mudahan dengan difasilitasi seperti ini indeks kebahagiaan masyarakat akan meningkat," katanya.

Namun, Ema mengakui pihak Pemkot Bandung harus memperbaiki beberapa hal untuk membangun tempat wisata baru tersebut.

Satu di antaranya adalah aspek keamanan bantaran sungai yang harus benar-benar diperhatikan.

"Meskipun ada beberapa hal yang harus segera diprogres. Contoh aspek keamanan di sekitar bantaran sungai. Kalau orang tidak konsentrasi bisa jatuh ke sungai, di PIPPK cukup berat kita dorong dari DSDABM (Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga)," ucapnya.

Kepala DSDABM Kota Bandung Didi Ruswandi mengungkapkan, pembangunan RTH ini merupakan tindak lanjut dari penertiban oleh Sektor 22 Citarum Haru,

Didi menjelaskan, saat ini pihaknya terus mempercepat pengembangan kawasan yang telah ditertibkan menjadi kawasan wisata masyarakat dan sarana edukasi.

"Awalnya bangunan liar, dibereskan, disulap menjadi sarana wisata dan edukasi masyarakat," kata Didi

"Karena kalau ada ruang yang tidak terdefinisi kan itu bahaya ya bisa dikonotasikan negatif. Kita mempercepat untuk pengembangan kawasan yang telah diterbitkan," lanjutnya

RTH ini, lanjut dia, akan dibangun dilahan seluas 1.376 meter dan beberapa fasilitas yang dibangun di antaranya track sepeda serta aquascpe atau taman bawah air.

"Selain itu akan ada hutan kota cikapundung dan pengolahan air bersih," ucapnya.

Jika sesuai rencana, RTH di Kelurahan Binong tersebut bakal diresmikan pada tanggal 24 Juli 2022 dan dinamakan Ciko Arena 1 atau Cikapundung Kolot Arena 1.

Pembangunan RTH ini mendapat tanggapan positif dari warga, salah satunya Royanto yang merupakan ketua RW 6 Kelurahan Binong.

"Alhamdulillah warga menyambut baik, kedepannya juga bisa dimanfaatkan warga. Selain itu juga ekonomi masyarakat bisa diberdayakan," katanya

"Mudah-mudahan bisa dikelola warga sekitar," lanjutnya. (*)

Video viral hari ini:

Topik Menarik