2.202 Ekor Hewan Kurban Masuk ke Wilayah Jakpus

2.202 Ekor Hewan Kurban Masuk ke Wilayah Jakpus

Gaya Hidup | netralnews.com | Sabtu, 2 Juli 2022 - 20:01
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dua pekan jelang perayaan Idul Adha 1443 H, pertanggal 30 Juni 2022, sebanyak 2.202 ekor hewan kurban sudah masuk ke wilayah Jakarta Pusat terdiri sapi 241 ekor, kambing 1.728 ekor dan domba 233 ekor. Hal ini disampaikan Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti, Jumat (1/7/2022).

"Hewan kurban yang masuk ke wilayah Jakarta Pusat tersebut berasal dari daerah Wonosobo, Bumiayu, Tegal, Bima dan lampung, yang bukan dari daerah asal yang memang wabah PMK Jawa Timur," kata Penty.

Sementara tempat penampungan hewan kurban di wilayah Jakarta Pusat ada 55 titik lokasi yang tersebar di 8 kecamatan. "Yang kita monitor itu sesuai hewan yang masuk yaitu sekitar 2.202 ekor hewan kurban," ungkapnya.

Dirinya mengaku belum dapat memastikan adanya hewan kurban yang terjangkit penyakit mulut dan kaki (PMK), namun indikasi tetap ada. Guna melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban, pihaknya terus melakukan minitoring.

"Nah itu gunanya monitoring kita mengecek pada saat hewan itu datang, misal Jumat datang hari Senin langsung dicek karena terselang hari libur. Hari ini saja tim kami masih melakukan pemantauan kedatangan hewan dari daerah," tuturnya.

"Kita arahkan hewan kurban yang masuk ke Jakarta Pusat bukan dari daerah asal yang memang wabah PMK dari Jawa Timur," dlsambung Penty.

Dikatakannya, hewan kurban yang datang ke Jakarta harus dipastikan aman. Caranya, disaat hewan tiba, penjual diwajibkan melapor ke Sudin KPKP untuk melakukan pengecekan.

"Merekapun menunjukan surat dari daerah asalnya yaitu SKH nya bermaterai dari Provinsi asal daerah hewan itu, kemudian kami cek dan ditukar dengan surat dari kami yaitu Surat Kesehatan Hewan (SKH) ini pun kita koordinasi dengan kelurahan," punhkasnya.

Topik Menarik