BOR Di Ibu Kota Tembus 14 Persen Pasien Covid 19 Mulai Serbu Rumah Sakit

BOR Di Ibu Kota Tembus 14 Persen Pasien Covid 19 Mulai Serbu Rumah Sakit

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 2 Juli 2022 - 07:09
share

Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit meningkat akibat serbuan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Ibu Kota. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta Jumat (1/7), ada 1.100 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga kini jumlah orang yang masih dirawat isolasi sebanyak 9.545 orang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan, keterisian tempat tidur ( bed occupancy rate /BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 mencapai 14 persen. Dari 3.732 unit tempat tidur yang tersedia, sudah terisi sebanyak 504 unit.

Kalau lihat datanya, ini tempat tidur atau BOR meningkat menjadi 14 persen, kata Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat (1/7).

Sementara untuk Unit Rawat Intensif (ICU) pada rumah sakit rujukan Covid-19 juga mengalami peningkatan hingga sekitar 11 persen. Dari 621 unit tempat tidur yang tersedia, sudah terpakai 69 unit.

Menurut Riza, meningkatnya BOR ini akibat kondisi Covid-19 yang sampai hari ini memang ada peningkatan.

Ya per hari ini ada 1.100 positif, ujarnya.

Terkait dengan peningkatan keterpakaian tempat tidur tersebut, Riza menyebut bahwa Pemprov DKI sudah bersiap untuk meningkatkan berbagai infrastruktur penanganan Covid-19.

Seperti laboratorium, rumah sakit, tenaga kesehatan, semuanya ya, terangnya.

Terjadinya peningkatan kasus Covid-19 ini, kata Riza, karena ada pelonggaran aturan pembatasan. Dia pun meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Saya mengajak masyarakat untuk lebih berhati-hati melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, disiplin, dan bertanggung jawab, tandasnya.

Topik Menarik