5 Manfaat Membaca Surat Yasin Setiap Hari, Memperoleh Keberkahan hingga Diampuni Segala Dosa

5 Manfaat Membaca Surat Yasin Setiap Hari, Memperoleh Keberkahan hingga Diampuni Segala Dosa

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 2 Juli 2022 - 00:06
share

JAKARTA, celebrities.id - Manfaat membaca surat Yasin setiap hari wajib diketahui semua umat Muslim di dunia.

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustadz Fauzan Amin mengatakan membaca Alquran memiliki banyak keutamaan yang akan didapatkan, termasuk surat Yasin biasa dibaca setiap hari.

"Siapa saja yang membacanya (surat Yasin), maka akan memperoleh keberkahan dan keutamaan lainnya," kata Ustadz Fauzan Amin saat dihubungi MNC Portal, Jumat (1/7/2022).

Membaca surat Yasin juga terdapat keutamaan tersendiri, yakni seperti di dalam beberapa riwayat. Dia menyebutkan, hadist Nabi Muhammad yang umum menjadi rujukan dan ditulis dalam beberapa riwayat, terkait keutamaan baca surat Yasin. Berikut ini adalah keutamaan membaca surat Yasin setiap hari. Yuk disimak!

Manfaat Membaca Surat Yasin Setiap Hari

1. Diampuni Dosa

Membaca surat Yasin setiap hari, maka akan diampuni segala dosa-dosanya, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah, maka diampuni dosa-dosanya(HR. At Thobroni/145, 418 dan Al-Bayhaqi/2360, 2361).

2. Mati dalam Keadaan Syahid

Ustadz Fauzan Amin melanjutkan, terdapat riwayat lainnya yang menyebutkan tentang keutamaan membaca surat Yasin. Seperti riwayat dari Ibnu Hibban mengatakan, hadist ini shahih dari Maqol bin Yasar, Nabi Muhammad SAW, bersabda:

Artinya: Bacalah atas orang mati diantara kamu surat yasiin (HR. Abu Daud/ Ibn Majah/ Nasa\'i)

Kemudian, dalam riwayat lainnya mengatakan, bagi siapa saja yang membaca surat Yasin setiap malam, maka ia akan mati dalam keadaan baik atau syahid. Yaitu dari Anas bin Malik Rasulullah bersabda;

Artinya: Siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, kemdian ia mati, maka ia mati dalam keadaan syahid (HR. At Thabrani).

3. Mempermudah Urusan di dunia

Selanjutnya membaca Surat Yasin diyakini dapat mempermudah berbagai masalah hidup yang sedang dialami. Seperti masalah pertikaian, utang, hingga masalah hubungan yang membuat pikiran tak tenang. Hal ini diterangkan dalam Sunaan daarimi juz 2 halaman 549:

Barangsiapa yang membaca surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.
(Sunaan daarimi juz 2 hal. 549)

4. Mendapatkan Keberkahan dari Allah SWT

Setiap muslim juga bisa mendapatkan keberkahan rezeki dengan melimpah, apabila mengamalkannya dengan benar. Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca surat Yasin, maka segala sesuatu yang diharapkan akan cepat terkabul. Termasuk dilimpahkan rezeki yang halal dan melimpah.

5. Memperoleh Keberkahan

Surat Yasin bisa membantu memperoleh keberkahan dalam mencari rezeki. Hal ini sesuai dengan sunannya Imam Ad-Darimi dalam kitabnya tentang manfaat membaca surat Yasin setelah sholat Subuh:

"Barangsiapa membaca surat Yasin saat pagi, Allah SWT akan mengabulkan seluruh hajatnya Yasin untuk memperoleh rezeki yang lebih berkah dan baik.

Topik Menarik