Infografis 5 Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Infografis 5 Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 1 Juli 2022 - 16:46
share

JAKARTA, iNews.id - Keutamaan bulan Dzulhijjah terletak di 10 hari pertama. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Imam at Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

. . .

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai Allah SWT melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah). Para sahabat bertanya: Tidak pula jihad di jalan Allah SWT? Rasulullah SAW menjawab, Tidak pula jihad di jalan Allah SWT, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satu pun.

Berikut 5 keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah:

1. Disebutkan Khusus dalam Al Quran

Imam As Syafi\'i menyebutkan bahwa maksud dari hari-hari yang diketahui adalah 10 hari pertama di Bulan Dzulhijjah.

2. Dijadikan Sumpah oleh Allah

Keutamaan Bulan Dzulhijjah berikutnya adalah bahwa 10 hari pertama di bulan suci ini dijadikan salah satu media bersumpah oleh Allah sebagaimana disebutkan dalam Al Quran, Surat Al Fajr ayat 2.

3. Hari Paling Utama

Rasulullah SAW secara spesifik menyebutkan bahwa 10 hari pertama di Bulan Dzulhijjah merupakan hari-hari paling utama yang ada di dunia.

4. Amalan Paling Dicintai Allah

Amalan ibadah di 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah paling dicintai oleh Allah. Amalan tersebut di antaranya, shalat, sedekah, haji dan puasa.

5. Berkumpulnya Beragam Amalan Ibadah

Al Hafidz Ibnu Hajar dalam kitabnya Fathul Bari mengatakan Sebab menjadi istimewanya 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah karena terhmpunnya induk-induk ibadah di dalamnya, yaitu puasa, shalat, sedekah dan haji. Di mana untuk waktu-waktu yang lain tidak bisa terjadi.

Topik Menarik