Referensi Penyedia Hewan Kurban secara Online, Cermati sebelum Membeli

Referensi Penyedia Hewan Kurban secara Online, Cermati sebelum Membeli

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 1 Juli 2022 - 00:06
share

JAKARTA, celebrities.id - Ada dua cara membeli hewan kurban, yaitu dengan transaksi langsung dan secara online.

Sejumlah situs yang menyediakan hewan kurban pun cukup mudah ditemukan saat ini. Anda tinggal berselancar di dunia maya dan pilih sesuai dengan minat.

Akan tetapi Anda harus tetap berhati-hati, lantaran sebagian ada yang memanfaatkan kesempatan ini, sehingga tak sedikit pula berujung jadi korban penipuan.

Syarat-syarat hewan yang bisa dikurban antara lain jenis bahimatul anam (binatang ternak). Jenis-jenis hewannya adalah unta, sapi, kambing, dan domba.

Kemudian tidak cacat, sehat, usianya cukup sesuai syariat, hingga diperoleh secara halal.

Lalu bagaimana cara mendapatkan hewan kurban yang diinginkan? Berikut ini beberapa laman penyedia hewan kurban secara online, seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (30/6/2022), semoga bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang ingin berkurban tahun ini.

1. Rumah Zakat

Laman Rumah Zakat tak hanya menyediakan penerimaan zakat, infaq, sedekah, pengelolaan zakat serta program-program pemberdayaan kemanusiaan lainnya. Anda juga bisa membeli hewan kurban di situs satu ini.

Harga hewan kurban yang tersedia seperti sapi dan kambing, bisa dipesan tanpa harus datang ke tempatnya langsung. Harga pun bervariasi, mulai dari Rp1,8 juta hingga belasan juta rupiah.

2. Dompet Dhuafa

Kemudian ada Dompet Dhuafa, merupakan lembaga Islam berbasis sosial yang juga sebagai pengelola zakat, serta aksi sosial lainnya.

Selain itu, di laman ini juga menyediakan jual beli hewan kurban secara online.

Nantinya daging-daging kurban ini akan didistribusikan ke wilayah miskin, tertinggal hingga pedalaman. Harga hewan kurban yang ada di laman ini bervariasi, serta kualitasnya mulai dari medium sampai premium.

3. E-commerce Favorit

Selanjutnya, jual beli hewan kurban tersedia di e-commerce favorit yang biasa Anda gunakan untuk berbelanja.

Sama seperti belanja online lainnya, membeli hewan kurban di e-commerce pun cara transaksinya sama.

Anda bisa memilih toko online rekomendasi dan favorit, untuk membeli hewan kurban seperti sapi dan kambing. Namun apabila Anda ragu, bisa chat lebih dulu toko penyedia hewan kurban tersebut. Sehingga jual beli pun menjadi sah, karena adanya kesepakatan atau akad di antara penjual dan pembeli.

Selain rekomendasi laman jual beli hewan kurban secara online tersebut, Anda juga bisa mencarinya di situs resmi lainnya. Supaya nantinya, ibadah kurban Anda dapat dilaksanakan dengan baik, serta sah dalam melakukan jual beli.

Disamping itu, melaksanakan kurban pada Idul Adha merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan. Serta hukumnya pun sunnah muakad (mendekati wajib).

Sementara itu Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, di dalam hal ini, berkurban tidak dibebankan atau boleh ditinggalkan jika seseorang dalam keadaan yang tidak memungkinkan. Sebab kebutuhan yang lebih mendesak.

Islam juga tidak memberatkan dan memaksakan pemeluknya untuk menghadirkan kemampuan jika memang tidak dalam posisi rezeki yang lapang. Sehingga ibadah sunnah tersebut dapat disesuaikan dengan posisinya, katanya saat dihubungi MNC Portal belum lama ini.

Rasulullah SAW bersabda:

:

Artinya: Rasulullah pernah bersabda: aku diperintahkan untuk berkurban, dan berkurban bagi kalian adalah sunnah.(HR.Tirmidzi)

Topik Menarik