Horor! Tiga Pemotor Nekat Terobos Pintu Perlintasan saat Kereta Melaju Kencang

Horor! Tiga Pemotor Nekat Terobos Pintu Perlintasan saat Kereta Melaju Kencang

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 16:46
share

CIMAHI - Aksi menantang maut dan membahayakan dilakukan tiga pengendara sepeda motor di Cimahi. Mereka nekat menerobos palang pintu perlintasan kereta api di Perlintasan Cimindi, Kota Cimahi, saat kereta hendak melintas.

Detik-detik kejadian itu terekam kamera dan videonya diunggah akun Instagram @edansepurid. Terlihat tiga pengendara menyeberangi perlintasan kereta api dari arah Bandung menuju Cimahi. Padahal saat itu ada kereta yang melintas dari dua arah yang berlawanan sekaligus.

Aksi itu jelas sangat membahayakan karena dua kereta Argo Parahyangan itu sedang melaju kencang. Jika terlambah sekian detik saja, para pemotor itu bisa dihantam oleh kereta.

"Itu sangat berbahaya, ada tiga motor sekaligus yang menerobos perlintasan. Padahal kereta sudah dekat," kata Humas Edan Sepur Wilayah 2 Bandung, Abdullah Putra Ganda, Kamis (30/6/2022).

Pihaknya menyesalkan aksi nekat tiga pemotor tersebut karena bisa berakibat fatal bagi keselamatan. Pintu perlintasan juga sudah ditutup yang artinya kendaraan dilarang melintas. Apalagi pada saat bersamaan ada dua kereta yang melintas sekaligus, dari arah barat dan timur.

Mengacu kepada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan pada Pasal 296 disebutkan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor pada perlintasan antara kereta api dan jalan yang tidak berhenti ketika sinyal sudah berbunyi atau palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114 huruf a, dipidana dengan kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp750.000.

"Kerugian lainnya banyak kalau sampai pemotor itu tertabrak kereta. Seperti perjalanan kereta terganggu, terus lokomotif rusak, dan yang lalinnya," kata dia.

Topik Menarik