Depan Zelenskyy, Jokowi Kembali Undang Ukraina ke KTT G20 di Bali

Depan Zelenskyy, Jokowi Kembali Undang Ukraina ke KTT G20 di Bali

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 10:13
share

IDXChannel - Dalam pertemuan tatap muka atau tte--tte, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan undangan Indonesia kepada Ukraina untuk dapat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 mendatang di Bali.

Ajakan tersebut disampaikannya dalam pertemuan yang berlangsung di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. Sebelumnya, Jokowi juga sempat lakukan hubungan telepon untuk menyampaikan undangan kepada Zelenskyy.

"Pada kesempatan ini saya menyampaikan undang secara langsung kepada presiden Zelenskyy untuk berpartisipasi dalam KTT G20 bulan November tahun ini di Bali," ungkap Jokowi, dikutip dari akun Instagram @jokowi, Kamis (30/6/2022).

Dalam pertemuan itu, Jokowi memastikan kepada Zelenskyy kehadirannya merupakan wujud kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi di Ukraina.

"Jauh-jauh datang ke Ukraina dan menemui Presiden Volodymyr Zelenskyy di istana Maryinsky, saya tidaklah sekedar berkunjung. Kedatangan saya adalah perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi di Ukraina," dikutip dari akun Instagram @jokowi, Kamis (30/6/2022).

Jokowi juga menekankan di mana Ukraina begitu penting bagi rantai pasok pangan dunia.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut," jelasnya.

Usai melakukan lawatannya di Ukraina, Rabu (29/6/2022) Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas kembali menuju Polandia. Berangkat menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Central Kyiv tepat pukul 19.00 waktu setempat Presiden dan rombongan menuju Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia dan dijadwalkan tiba esok hari.

Dari Stasiun Przemysl Glowny, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (TYO)

Topik Menarik