Minimalisir PMK, Pemkab Bekasi Mulai Vaksinasi 1.700 Hewan Ternak

Minimalisir PMK, Pemkab Bekasi Mulai Vaksinasi 1.700 Hewan Ternak

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 09:13
share

IDXChannel - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mulai melakukan penyuntikan vaksinasi penyakit mulut dan kukun(PMK) hewan ternak. Ada 1.700 hewan ternak jadi sasaran vaksinasi.

Kegiatan vaksinasi PMK hewan ternak salah satunya dilakukan di Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Dalam giat tersebut Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan pun turut hadir untuk meninjau langsung penyuntikan vaksinasi.

Dani mengatakan ada 700 hewan ternak yang rampung divaksin PMK. Sementara, 1.000 lainnya akan dilakukan pada tahap kedua.

Jumlah vaksinasi yang sudah di berikan sampai hari ini sekitar 700 dosis vaksin PMK, dan yang 1000 nanti untuk tahap dua," kata Dani Ramdan, dalam keterangannya, Kamis (30/6/2022).

Dani berharap kegiatan vaksinasi bagi hewan ini dapat menurunkan potensi tertularnya hewan ternak dari PMK.

Dengan diberikannya vaksinasi untuk hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan domba yang potensi tertular bisa kita lindungi, dan tercegah dari penyakit PMK, sambungnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Nani Suwarni mengatakan hewan ternak terkonfirmasi PMK di wilayah Kabupaten Bekasi berjumlah 669. Adapun mayoritas hewan tersebut pun sudah dapat disembuhkan.

"Hewan ternak sapi yang terdeteksi penyakit PMK di Kabupaten Bekasi yaitu 669 ekor, yang disembuhkan 449 ekor. Jadi alhamdulilah sekitar 80 persen yang bisa kita sembuhkan," terangnya.

Nani memastikan pihaknya akan dikerahkan untuk mengawasi hewan-hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha. Dia pun telah membentuk Satgas Pengawasan Hewan kurban menyusul hal tersebut.

"Mereka terdiri dari dokter hewan, veteriner dan petugas paramedis yang tersebar di 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi," imbuhnya.

(NDA)

Topik Menarik