Presiden Jokowi Akan Bawa Pesan Zelenskyy ke Putin soal Perdamaian

Presiden Jokowi Akan Bawa Pesan Zelenskyy ke Putin soal Perdamaian

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 08:53
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bertemu langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv pada Rabu 29 Juni 2022 sore waktu setempat. Jokowi berjanji untuk membawa pesan kepada Putin.

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengatakan kepada Zelenskyy bahwa kehadirannya merupakan wujud kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi di Ukraina.

Jauh-jauh datang ke Ukraina dan menemui Presiden Volodymyr Zelenskyy di istana Maryinsky, saya tidaklah sekedar berkunjung. Kedatangan saya adalah perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi di Ukraina, dikutip dari akun Instagram @jokowi, Kamis (30/6/2022).

Jokowi pun menawarkan diri kepada Zelenskyy sebagai pengirim pesan untuk nantinya disampaikan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Spirit perdamaian jangan pernah luntur. Dalam kaitan ini, saya datang menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi pula, katanya.

Jokowi menekankan bahwa Ukraina begitu penting bagi rantai pasok pangan dunia. Maka dari itu, semua negara harus ikut serta memberikan kelancaran ekspor.

Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut, katanya.

Selain itu, Jokowi mengungkapkan bahwa tahun merupakan peringatan ke 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Jokowi pun menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik bagi Ukraina.

Pada kesempatan ini saya menyampaikan undang secara langsung kepada presiden Zelenskyy untuk berpartisipasi dalam KTT G20 bulan November tahun ini di Bali, katanya.

Topik Menarik