Bertemu Presiden Zelenskiy, Ini yang Dibicarakan Jokowi

Bertemu Presiden Zelenskiy, Ini yang Dibicarakan Jokowi

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 08:44
share

KYIV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Ukraina untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskiy pada Rabu, 29 Juni 2022.

Mengutip postingan akun instagram resmi Jokowi Selasa, 30 Juni 2022, Jokowi Tiba di Istana Kepresidenan Ukraina, Maryinsky di Kyiv sekitar pukul 3 sore waktu setempat. Kedatangan Jokowi disambut langsung oleh Zelenskiy di depan pintu masuk istana.

Setelah penyambutan, Jokowi dan Zelenskiy bertemu di sebuah ruangan. Duduk bersama di deman meja bundar kecil, Jokowi menyebut kunjungannya membawa misi perdamaian.

Perjalanan saya ke ibu kota Ukraina dan bertemu Presiden Zelenskyy semata-mata untuk membawa misi perdamaian, tulis Jokowi dalam postingan akun instagramnya seperti dikutip TrenAsia.com .

Kunjungan Jokowi ke Kyiv turut diapresiasi Zelenskiy. Menurutnya, kunjungan ini sangat berarti mengingat Jokowi merupakan pemimpin Asia pertama yang berani menginjakkan kaki di negaranya.

Lewat unggahan akun instagram resminya, Presiden yang dulunya merupakan stand up comedian ini menghargai dukungan Jokowi dan rakyat Indonesia pada negaranya yang tengah menghadapi perang.

Hari ini saya mengadakan pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Kyiv. Saya bersyukur bahwa di masa sulit bagi negara kita, kami merasakan dukungan dari rakyat dan negara Anda, tulis Zelenskiy.

Ia menambahkan pada pertemuan yang berlangsung, dua petinggi negara ini membahas mengenai pencabutan blokade Rusia terhadap pelabuhan Ukraina.

Selain itu, Indonesia-Ukraina turut membahas perihal ekspor produk pertanian serta prospek rekonstruksi pascaperang dengan membebaskan visa.

Terima kasih atas kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Ukraina dalam sejarah hubungan diplomatik. Dan kunjungan pertama pemimpin negara Asia ke Kyiv sejak awal perang Rusia skala penuh, tulis Zelenskiy.

Tambahan informasi, Jokowi bertolak ke Ukraina lewat perjalanan darat melalui Polandia. Kunjungan Jokowi ke Ukraina dilakukan setelah Presiden ketujuh RI itu menyambangi Berlin untuk bertemu dengan negara anggota G-7.

Sebelum bertemu Zelenskiy, Jokowi terlebih dahulu mengunjungi lokasi puing-puing kompleks apartemen di Kota Irpin. Kemudian dilanjutkan dengan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv.

Pada kunjungan perdamaian tersebut, Jokowi juga menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina.

Kemudian melalui Palang Merah Ukraina, Pemerintah memberikan bantuan rekonstruksi untuk rumah sakit yang rusak akibat perang.

Semoga perang ini bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak, kata Jokowi.

Topik Menarik