Loading...
Loading…
Viral Ada Oknum Diduga Terlibat Pungli, Ini Respons Pengelola Terminal Tirtonadi Solo

Viral Ada Oknum Diduga Terlibat Pungli, Ini Respons Pengelola Terminal Tirtonadi Solo

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Inews | Rabu, 29 Juni 2022 - 17:29

SOLO, iNews.id Sebuah video terkait dugaan pungutan liar (pungli) di Terminal Tirtonadi Solo viral di media sosial (medsos). Pengelola terminal langsung merespons kasus tersebut.

Dalam video yang viral, tampak seorang yang diduga kru bus umum menyerahkan sejumlah surat kepada seorang oknum petugas. Setelah memeriksa surat-surat tersebut, terlihat kru bus menyelipkan sesuatu ke tangan petugas.

Kejadian ini terekam kamera seseorang dari atas bus. Menanggapi kejadian ini, Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto menyebut dugaan pungli terjadi sekitar sebulan lalu.

Ternyata itu oknum, kejadiannya pada bulan Mei lalu tetapi baru viral kemarin, kata Joko Sutriyanto, Rabu (29/6/2022).

Terkait dengan hal itu, pihaknya sudah merekomendasikan kepada Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta agar oknum tersebut menerima sanksi keras.

Kami sarankan untuk opsi pemutusan kontrak karena yang bersangkutan tenaga kontrak, katanya.

Rekomendasi itu baru diajukan pada hari Selasa (28/6/2022) kemarin. Hal ini mengingat pihak Terminal Tirtonadi terlebih dahulu harus melakukan konfirmasi terhadap sejumlah pihak terkait.

Selain itu, pihaknya juga sudah menanyai oknum yang bersangkutan terkait dengan alasan melakukan dugaan pungli tersebut.

Katanya inisiatif sendiri, dia kaget tahu-tahu (pihak kru bus) menyerahkan surat, tahu-tahu diajak salaman. Jadi, oknum ini mengaku ragu-ragu, ini apa? Untuk apa? Akan tetapi, apa pun itu karena tugas mestinya dia tidak mau, katanya.

Mengenai surat yang diberikan, biasanya merupakan kelengkapan administrasi untuk ramp check (pemeriksaan jalan). Meski demikian, diakuinya oknum tersebut sebetulnya bukan petugas ramp check.

Dia sebetulnya tugasnya hanya mencatat produk, hanya input. Sebetulnya tidak bersinggungan dengan ramp check, katanya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku baru mengetahuinya.

Saya enggak mau komen dahulu, itu kan di bawah naungan Kemenhub (Kementerian Perhubungan). Nanti saya cek dahulu, katanya.

Meski demikian, Gibran berharap agar jangan sampai ada pungli di tempat pelayanan publik.

Jangan ada pungli, (jika benar terjadi) saya laporkan kepada Pak Joko (Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo) dan Pak Eko (Kepala BPTD Wilayah X Jateng dan DIY Eko Agus Susanto), katanya.

Original Source

Topik Menarik