Iran-AS Siap Memulai Pembicaraan Tidak Langsung Perjanjian Nuklir

Iran-AS Siap Memulai Pembicaraan Tidak Langsung Perjanjian Nuklir

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 29 Juni 2022 - 01:55
share

DOHA Iran dan Amerika Serikat (AS) tampak siap untuk memulai pembicaraan tidak langsung yang bertujuan menemukan cara untuk menyelamatkan perjanjian nuklir Teheran dengan kekuatan dunia di Qatar .

Media milik Iran, Tehran Times, memposting foto negosiator nuklir terkemuka Iran, Ali Bagheri Kani, di lobi hotel dengan Duta Besar Iran untuk Qatar Hamidreza Dehghani. Surat kabar itu mengatakan Bagheri Kani berada di Doha, Ibu Kota Qatar, untuk memulai kembali pembicaraan.

Sementara itu Rob Malley, perwakilan khusus AS untuk Iran, tiba di Qatar pada Senin malam menjelang pembicaraan.

Kedutaan Besar AS di Qatar mengatakan Malley bertemu dengan Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman al Thani untuk membahas upaya diplomatik bersama untuk mengatasi masalah dengan Iran, tetapi menolak untuk segera memberikan rincian lain tentang perjalanannya.

Kementerian Luar Negeri Qatar kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan "menyambut" menjadi tuan rumah pembicaraan.

Dilansir dari Al Arabiya , Rabu (29/6/2022), dikatakan pembicaraan itu bertujuan untuk membangun kembali kesepakatan dengan cara yang mendukung dan meningkatkan keamanan, stabilitas dan perdamaian di kawasan itu dan membuka cakrawala baru untuk kerja sama regional yang lebih luas dan dialog dengan Republik Islam Iran.

Iran dan kekuatan dunia pada 2015 menyetujui kesepakatan nuklir, yang membuat Teheran secara drastis membatasi pengayaan uraniumnya dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi.

Nmaun pada tahun 2018, Presiden AS saat itu Donald Trump secara sepihak menarik Amerika dari perjanjian itu, meningkatkan ketegangan di Timur Tengah yang lebih luas dan memicu serangkaian serangan dan insiden.

Pembicaraan di Wina tentang menghidupkan kembali kesepakatan telah "berhenti" sejak Maret lalu. Sejak kesepakatan itu gagal, Iran telah menjalankan sentrifugal canggih dan persediaan uranium yang diperkaya dengan cepat.

Bahkan ketika para perunding bertemu di Doha, kepala nuklir Iran Mohammad Eslami pada hari Selasa mengkonfirmasi bahwa Iran telah mulai memasang rangkaian sentrifugal canggih baru di fasilitas bawah tanah Fordo.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sebelumnya melaporkan bahwa Iran berencana untuk memperkaya uranium melalui rantai baru 166 sentrifugal IR-6 canggih di lokasi tersebut. Kaskade adalah sekelompok sentrifugal yang bekerja bersama untuk memperkaya uranium dengan lebih cepat.

Kami akan mengikuti langkah-langkah sesuai dengan rencana yang dibuat, kata Eslami, tanpa mengatakan di tingkat mana aliran air baru akan memperkaya.

Awal bulan ini, Iran melepas 27 kamera pengintai IAEA untuk menekan Barat agar membuat kesepakatan. Direktur jenderal IAEA memperingatkan hal itu dapat memberikan "pukulan fatal" terhadap kesepakatan nuklir karena Teheran memperkaya uranium lebih dekat ke tingkat senjata dari pada sebelumnya.

Pakar non-proliferasi memperingatkan Iran telah memperkaya hingga 60 persen kemurnian - langkah teknis singkat dari tingkat yang dibutuhkan untuk membuat senjata 90 persen - untuk membuat satu senjata nuklir, jika negara itu memutuskan untuk melakukannya.

Iran menegaskan programnya adalah untuk tujuan damai, meskipun para ahli PBB dan badan-badan intelijen Barat mengatakan Iran memiliki program nuklir militer terorganisir sampai tahun 2003.

"Membangun bom nuklir masih akan memakan waktu lebih lama bagi Iran jika mengejar senjata," kata para analis, meskipun mereka memperingatkan kemajuan Teheran membuat program itu lebih berbahaya.

Di masa lalu, Israel telah mengancam bahwa mereka akan melakukan serangan pendahuluan untuk menghentikan Iran dan sudah negara itu sudah dicurigai melakukannya dalam serangkaian pembunuhan yang menargetkan pejabat Iran baru-baru ini.

(ian)

Topik Menarik