Cegah PMK, Ratusan Ekor Sapi Perah di Kota Bogor Mulai Divaksin

Cegah PMK, Ratusan Ekor Sapi Perah di Kota Bogor Mulai Divaksin

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 29 Juni 2022 - 00:55
share

BOGOR - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Bogor mulai melakukan vaksinasi kepada ratusan ekor sapi perah di wilayah Kota Bogor. Sapi yang divaksin merupakan sapi yang sehat agar kebal dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Sapi yang disasar untuk vaksin adalah sapi sehat. Kami upayakan khusus untuk sapi perah, mengingat jika terpapar PMK ruginya dua kali, pertama membuat sapi sakit dan kedua tidak bisa memproduksi susu secara optimal," kata Kepala DKPP Kota Bogor, Anas S. Rasmana kepada wartawan, Selasa (28/6/2022).

Anas menambahkan, Kota Bogor mendapat jatah sebanyak 10 botol vaksinasi dosis pertama. Jumlah itu bisa digunakan maksimal kepada 1.000 sapi.

"Tapi kita hitungkan 800-900 ekor (divaksin) hari ini. Tentunya (divaksin) supaya sapi yang belum kena tidak kena, supaya memiliki imun. Ada dosis duanya, setelah 4 minggu ada dosis kedua," jelasnya.

Berdasarkan data yang dimilikinya, total terdapat sekitar 2.300 ekor sapi di Kota Bogor. Dari junlah tersebut, tidak semuanya akan divaksinasi karena terdapat aturan khusus sapi yang akan divaksin.

"Karena gini, sapi yang sudah kena tidak kita vaksin dan sapi yang dalam lingkungan sudah kena walaupun tidak kena (positif) itu tidak prioritas untuk divaksin karena kemungkian sudah kena tapi punya kekebalan. Kalau untuk (jumlah sapi PMK), terakhir saya dilaporkan sapi yang sakit bergejala itu sekiar 90 ekor se-Kota Bogor, yang sembuh dari sakit sekitar 100 ekor lagi di luar dar 90 ekor itu," ungkapnya.

Topik Menarik