Sering Bersin Padahal Nggak Flu? Cari Tahu Penyebabnya Yuk Beauty!

Sering Bersin Padahal Nggak Flu? Cari Tahu Penyebabnya Yuk Beauty!

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 28 Juni 2022 - 22:30
share

Bersin sering dikaitkan dengan gejala penyakit flu, namun ada kalanya kita bersin meskipun nggak terserang virus influenza. Ya, bersin sendiri merupakan bentuk sistem pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam hidung dan sistem pernapasan, Beauty.

Tak hanya virus influenza yakni penyebab flu yang akan direspon oleh hidung dengan bersin, namun masuknya zat-zat asing lain juga bisa menyebabkan flu. Lantas, apa saja sih penyebab sering bersin padahal nggak lagi flu? Berikut ulasannya,dikutip dar Hello Sehat, Selasa (28/6/2022).

1. Reaksi Alergi

Alergi bulu binatang, makanan, debu, tungau dan lainnya dapat menyebabkan sering bersin. Kondisi ini disebut rhinitis alergi. Hal ini terjadi saat imun tubuh bereaksi pada zat tertentu yang dikira sebagai ancaman untuk tubuh namun sebenarnya tidak berbahaya.

Reaksi alergi biasanya juga diikuti gejala lain seperti hidung meler, tersumbat dan gatal.

2. Pergantian Suhu Drastis

Bersin juga bisa terjadi saat tubuh berada pada tempat dengan perbedaan suhu yang dratsis seperti ruangan ber-AC dan tak. Hal ini terjadi karena hidung beradaptasi dengan suhu udara yang baru, agar tenggorokan dan paru-paru terjaga kelembapannya.

3. Menghirup Asap Rokok

Tak hanya berbahaya bagi perokok, asap rokok juga berbahaya bagi orang lain yang menghirupnya. Bahan kimia dalam rokok dapat membuat hidung, mata, bahkan paru-paru yang berisiko merusak bulu-bulu halus dalam hidung.

Jika bulu halus nggak berfungsi dengan baik maka akan terjadi penumpukan lendir dan akibatnya sering bersin.

4. Mencium Bau Rempah dan Masakan

Bersin juga bisa terjadi saat mencium bau yang menyengat seperti bumbu rempah dalam masakan, atau terhirupnya serbuk halus bumbu ke hidung.

Topik Menarik