Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional? Simak Alasan dan Perannya!

Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional? Simak Alasan dan Perannya!

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 28 Juni 2022 - 11:30
share

JAKARTA Sudah bukan rahasia lagi bahwa bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa Internasional atau lingua franca, bahasa yang digunakan untuk alat komunikasi dalam ranah global. Bahkan diperkirakan sepertiga populasi penduduk dunia atau sebanyak dua miliar orang menggunakan bahasa Inggris. Wah, angka yang cukup fantastik, bukan?

Selain dilihat dari jumlah banyaknya penutur bahasa Inggris, ternyata ada beberapa faktor atau alasan mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional, lho. Kira-kira apa saja, ya? Check this article out !

Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional Setidaknya, ada beberapa faktor yang mendasari bahasa Inggris dipilih menjadi bahasa pengantar Internasional dalam tataran global. Berikut ulasannya!

Pengaruh Kolonialisme Salah satu pengaruh mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional adalah sejarah kolonialisme Inggris. Inggris termasuk negara Eropa yang memiliki wilayah jajahan terluas. Di negara yang menjadi koloninya, bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar dalam pembahasan tentang agama, perdagangan, migrasi, buku, dan lainnya. Maka tak heran jika bahasa Inggris berkembang pesat di banyak wilayah yang menjadi jajahannya.

Dampak Setelah Usainya Perang Dunia Pertama Kita sama-sama tahu bahwa setelah perang dunia pertama berakhir, kondisi dan peradaban dunia berubah. Salah satu negara yang bertengger kuat dalam kondisi ekonomi dan sains adalah Amerika. Hal tersebut membuat banyak negara di dunia yang berlomba-lomba untuk menjalin kerja sama perdagangan dengan Amerika. Sehingga, banyak orang yang akhirnya mempelajari bahasa Inggris agar dapat masuk dalam industri perdagangan dan bisnis di Amerika.

Perkembangan Teknologi Melejitnya perkembangan teknologi juga menjadi indikator mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Pasalanya, internet dan perangkat komputer banyak diciptakan di negara Amerika Serikat. Segala perangkat komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat keras memuat bahasa Inggris di dalamnya. Maka tak heran jika secara otomatis negara lain yang membeli produk komputer dari Amerika, mau tidak mau akan mempelajari bahasa Inggris.

Peran Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja dan Pendidikan Dengan kedudukannya sebagai lingua franca, bahasa Inggris mengambil peran penting dalam dunia kerja dan dunia pendidikan, kira-kira apa saja, ya?

Peran Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja Dalam ruang lingkup dunia pekerjaan, seorang pekerja yang fasih berbahasa Inggris memiliki nilai tambah tersendiri. Bahkan, dalam beberapa lowongan pekerjaan, seringkali muncul salah satu persyaratan wajib bagi pelamar, yaitu dapat berbahasa Inggris dengan baik.

Fasih berbahasa Inggris juga akan bermanfaat bagi para pekerja di sebuah perusahaan lokal yang akan menggiring perusahaannya masuk ke dalam pasar internasional. Maka tak heran jika banyak pekerja yang mengambil pelatihan bahasa Inggris untuk karyawan. Peran Bahasa Inggris dalam Pendidikan Sejak memasuki SD hingga SMA, bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang selalu hadir di setiap semester. Tentunya, hal tersebut ditetapkan dengan berbagai alasan. Salah satu yang paling terlihat adalah fakta bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional, sehingga bagi para pelajar yang kelak ingin melanjutkan study abroad, dapat memiliki kesempatan besar untuk diterima di perguruan tinggi luar negeri.

Tidak hanya itu, peran bahasa Inggris dalam dunia pendidikan juga dapat menambah wawasan dan meningkatkan kecerdasan murid. Bagaimana tidak, fakta membuktikan bahwa belajar lebih dari satu bahasa dapat meningkatkan kecerdasan dan memberikan dampak positif terhadap perkembangan otak.

Cakap Tempat Belajar Bahasa Inggris yang Tepat Cakap adalah salah satu platform e-learning bahasa Inggris yang memfasilitasi interaksi dua arah antara murid dan guru. Cakap menjadi tempat yang tepat untuk belajar bahasa inggris untuk pelajar dan karyawan yang sedang mencari les bahasa Inggris untuk semua umur.

Belajar bahasa Inggris di Cakap sangat fleksibel karena kamu bisa atur jadwal belajarmu sendiri. Selain itu, ada banyak paket belajar yang bisa kamu pilih. Tunggu apa lagi? Yuk, segera pastikan kamu jadi bagian dari kelas bahasa Inggris Cakap!

Itu dia beberapa alasan mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional atau lingua franca. Tak hanya selesai di situ, ternyata bahasa Inggris juga banyak mengambil peran di dunia pendidikan dan pekerjaan. CM

(ars)

Topik Menarik