Kisah Sukses Hendy Setiono, Pemilik Kebab Baba Rafi yang Awali Usaha dari Sebuah Gerobak

Kisah Sukses Hendy Setiono, Pemilik Kebab Baba Rafi yang Awali Usaha dari Sebuah Gerobak

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 28 Juni 2022 - 10:50
share

IDXChannel Banyak orang belum mengetahui kisah sukses Hendy Setiono, pemilik bisnis Kebab Turki Baba Rafi. Berawal dari modal hanya Rp4 juta, siapa sangka bisnis kebab Hendy Setiono ini berhasil tersebar hingga ke mancanegara.

Sukses membangun waralaba Kebab Turki Baba Rafi yang berada di bawah naungan PT Baba Rafi Indonesia, Hendy bahkan telah memiliki lebih dari 1.000 outlet kebab.

Bagaimana perjalanan bisnis dan kisah sukses Hendy Setiono? Yuk, simak kisahnya dalam penjelasan lengkap IDXChannel berikut ini!

Kisah Sukses Hendy Setiono

Hendy Setiono merupakan pengusaha asal Surabaya. Ia sukses membangun bisnis kulinernya yakni Kebab Turki Baba Rafi. Ia sempat mengenyam pendidikan di Jurusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) sebelum akhirnya Hendy memutuskan untuk berhenti kuliah dan memulai bisnis kebab.

Ia memulai bisnis kebab Turki bahkan di usianya yang masih 20 tahun. Kebab Turki Baba Rafi dirintisnya di Surabaya pada tahun 2003 silam. Nama Baba Rafi sendiri ia ambil dari nama anak pertamanya yakni Rafi Darmawan. Adapun nama Baba diambilnya dari bahasa Arab yang berarti ayah atau bapak. Dengan demikian, nama Baba Rafi ini menunjukkan bahwa bisnis kebab Turki ini merupakan milik Ayah dari Rafi.

Pada awalnya, bisnis Kebab Turki Baba Rafi ini hanya sebuah gerobak yang diawalinya dengan modal Rp4 juta. Modal ini dipinjam Hendy dari adiknya sendiri. Kebab Turki Baba Rafi ini pun semakin berkembang pesat hingga pada 2005, PT Baba Rafi Indonesia berhasil membuka franchise bisnis kebab. Sejak saat itu, Kebab Turki Baba Rafi terus berekspansi hingga dapat membuka ratusan cabang internasional di Filipina dan Malaysia pada 2012, serta Srilanka pada 2013.

Berkat kerja keras dan inovasinya, bisnis Kebab Turki Baba Rafi milik Hendy Setiono ini semakin berkembang dan berhasil membuka kedai Kebab Turki Baba Rafi di China yang meliputi tiga kota, yakni Yiwu, Hangzhou, Shanghai, pada 2014 lalu.

Seiring berjalannya waktu, bisnis kuliner Hendy Setiono melejit. Ia pun berhasil memiliki dan mengembangkan empat merek waralaba, yakni Kebab Turki Baba Rafi, Roti Maryam Aba Abi, Piramizza, dan Ayam Bakar Mas Mono. Dengan demikian, Hendy saat ini memimpin beberapa perusahaan di antaranya PT Baba Rafi Indonesia, PT Piramida Zahira dan PT Panen Raya Indonesia.

Menurut beberapa sumber, total keseluruhan outlet Kebab Turki Baba Rafi ini hingga saat ini telah mencapai 1.300 outlet di Indonesia dan sekitar 68 outlet yang tersebar di beberapa negara seperti Malaysia, India, Filipina, Sri Lanka, China, Singapura, Belanda, Brunei Darussalam, dan Bangladesh.

Penghargaan yang Didapat Hendy Setiono

Kepiawaian dan kesuksesannya dalam membangun bisnis membuat Hendy Setiono pun mendapatkan banyak penghargaan. Beberapa penghargaan yang diperolehnya antara lain sebagai berikut.

Itulah kisah sukses Hendy Setiono dalam membangun bisnis Kebab Turki Baba Rafi hingga kini berhasil tersebar hingga ke mancanegara. Berawal dari sebuah gerobak, Hendy telah miliki ribuan outlet yang tersebar di beberapa negara.

Topik Menarik