Warga Riau Diserang Beruang saat Sadap Karet, Selamat Usai Pura-Pura Pingsan

Warga Riau Diserang Beruang saat Sadap Karet, Selamat Usai Pura-Pura Pingsan

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 17:10
share

KUANSING, iNews.id - Seorang warga Desa Teratak Baru, Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuansing, Riau, diserang beruang madu. Hal itu terjadi saat korban sedang menyadap karet.

Beruntung, korban bernama Abdul Mutolib masih selamat. Hal ini setelah Abdul berpura-pura pingsan sehingga membuat hewan penyuka madu ini berhenti menyerang.

Kondisi tangan korban mengalami patah tulang dan luka di lengan bagian kiri, kata Plt Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Fifin Arfiana Jogasara, Senin (27/6/2022)

Berdasarkan penjelasan Abdul Mutolib, kata Fifin, sekitar pukul 10.O0 WIB, korban sedang menyadap pohon karet. Jarak rumah dengan kebun karetnya sekitar 3 kilometer.

Saat sedang menyadap karet, tiba tiba seekor beruang madu menyerangnya dari belakang. Terlihat oleh korban, satwa tersebut mempunyai tanda warna putih pada bagian dada. Abdul pun tersungkur.

Beruang masih menggigit lengan kirinya dan korban berupaya melepaskan cengkraman satwa tersebut, namun tidak terlepas. Setelah yang bersangkutan berpura pura pingsan dan tidak bergerak, katanya.

Ternyata jurus pura-pura pingsan benar benar sakti membuat beruang melepas gigitannya dan tidak menyerangnya lagi .

Barulah si beruang melepaskan gigitan dan cakarannya yang mendarat di lengan tangan korban, katanya.

Setelah gigitan tersebut terlepas, korban berlari dan meminta pertolongan kepada orang orang yang berada di sekitar kebun. Korban segera dibawa ke rumah sakit untuk perawatan lukanya, lanjut dia.

Dia menjelaskan bahwa lokasi konflik berada di areal HPK (Hutan Produksi Konservasi)dan berbatasan dengan konsesi PT RAPP serta merupakan habitat satwa liar sekitar TNTN (Taman Nasional Tesso Nilo).

Topik Menarik