Gali Minat dan Bakat Anak Sejak Dini, Orang Tua Perlu Beri Contoh Langsung

Gali Minat dan Bakat Anak Sejak Dini, Orang Tua Perlu Beri Contoh Langsung

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 15:50
share

PADA dasarnya setiap anak memiliki minat dan bakat masing-masing. Minat sendiri merupakan, dorongan psikologis yang bisa membuat anak merasa terpacu, semangat dan senang. Sementara bakat merupakan suatu kemampuan yang bersifat bawaan untuk melakukan sesuatu secara optimal

Walaupun keduanya ada dalam diri si anak, namun kedua hal tersebut belum tentu dapat berkembang jika tidak diketahui oleh dirinya sendiri. Dikatakan oleh Psikolog, Febria Indra Hastati, M.Psi, dari Brawijaya Clinic Kemang, bahwa minat dan bakat idealnya memang harus berjalan beriringan.

"Bakat dan minat ini bergantung pada potensi diri anak. Ketika dikembangkan dan distimulasi secara tepat akan mencapai keberhasilan yang luar biasa. Untuk mencapai itu, orang tua harus tahu bakat anak agar sesuai dengan yang disukai anak," ujar Febria dalam acara Community Week Festival baru-baru ini.

Sayangnya, kata Febria banyak orang tua yang bingung dengan bakat yang dimiliki sang anak. Menurutnya ada beberapa macam cara yang bisa dilakukan orang tua agar bisa mengenali bakat anak, yakni dengan mengamati, memberi pengalaman kepada anak, dan juga membandingkan.

(Foto: MPI/Siska)

Topik Menarik