Survei: Elektabilitas Prabowo Subianto Unggul Jauh dari Ganjar Pranowo

Survei: Elektabilitas Prabowo Subianto Unggul Jauh dari Ganjar Pranowo

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 14:30
share

JAKARTA - Jelang kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang, elektabilitas ketua umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto disebut unggul jauh dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan .

Peneliti Indonesia Pollings Stations (IPS), Alfin Sugianto menyampaikan bahwa lembaganya mencoba mengukur elektabilitas ketiganya dengan melakukan simulasi dari 3 nama tersebut.

Nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, hingga Anies Baswedan disebut-sebut merupakan 3 tokoh yang elektabilitasnya tertinggi di sejumlah lembaga survei.

"Jika Pilpres dilaksanakan tiga calon presiden, maka bagian terbesar sekitar 46,6% memilih Prabowo Subianto," kata Alfin dalam paparannya secara daring, Senin (27/6/2022).

Sementara, di posisi kedua diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 28,2%. Sementara, tak terpaut jauh elektabilitas Anies Baswedan sebesar 25,2%.

Alfin menyampaikan bahwa pihaknya juga melakukan simulasi dengan metode head to hade. Di mana, IPS ingin melihat perubahan elektabilitas jika Prabowo dipertarungkan secara head to head dengan Ganjar dan Anies Baswedan.

Jika dipertarungkan dengan Ganjar, elektabilitas menteri Pertahanan (Menhan) itu naik menjadi 62,1%. Sementara, Ganjar hanya mendapat elektabilitas sebesar 34,4%.

Topik Menarik