WHN Deklarasikan Cacar Monyet Jadi Pandemi, Bagaimana WHO?

WHN Deklarasikan Cacar Monyet Jadi Pandemi, Bagaimana WHO?

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 27 Juni 2022 - 11:30
share

WORLD Health Network (WHN) atau satu komunitas global yang mengabdikan diri pada pengembangan dan pelaksanaan respons pandemi global, nasional, dan lokal berbasis sains, mendeklarasikan bahwa virus cacar monyet sebagai pandemi.

Pernyataan WHN ini tidak senada dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan cacar monyet belum menjadi darurat kesehatan global. Tim WHO masih melakukan investigasi mendalam soalan cacar monyet ini.

Cacar Monyet

Hingga sekarang, kasus cacar monyet sudah mencapai 3.417 yang dilaporkan di 58 negara. Kebanyakan adalah negara non endemik yang mana kasusnya didominasi oleh laki-laki berhubungan seks dengan laki-laki.

Deklarasi WHN soal cacar monyet sebagai pandemi keluar pada Kamis, 23 Juni 2022, setelah mengungkapkan kekhawatiran WHN bahwa wabah ini berkembang pesat di berbagai benua. Terlebih, belum lama ini British Airways selama akhir pekan memaksa awak pesawat dikarantina.

"Wabah tidak akan berhenti tanpa tindakan global bersama," kata WHN, dikutip MNC Portal dari laman Euro Weekly News, Senin (27/6/2022).

Sekalipun tingkat kematiannya lebih rendah daripada cacar air, tambah WHN, jutaan orang akan meninggal dan lebih banyak lagi yang menjadi buta dan cacat kulit jika tidak dilakukan tindakan penghentian penyebaran.

"Tujuan penting dari mendeklarasikan cacar monyet sebagai pandemi adalah untuk mencapai upaya bersama di berbagai negara atau di seluruh dunia untuk mencegah bahaya meluas," tambah WHN.

WHN melanjutkan, definisi pandemi adalah penyakit menular yang terus berkembang di banyak wilayah, melintasi batas internasional dan biasanya memengaruhi banyak orang. Artinya, penyakit menular itu tidak mengenal kelompok usia, semua bisa kena.

"Diperlukan aksi global yang terpadu mengatasi cacar monyet ini," kata WHN.

Lebih lanjut, President of New England Complex System Institute yang juga co-founder WHN, Prof Yaneer Bar-Yam mengatakan, tidak ada pembenaran untuk menunggu cacar monyet tumbuh lebih besar.

"Waktu terbaik untuk bertindak adalah sekarang. Dengan mengambil tindakan segera, kita dapat mengendalikan wabah dengan sedikit usaha dan mencegah konsekuensi menjadi lebih buruk," terang Prof Bar-Yam.

Topik Menarik