Cara Meredakan Keluhan Akibat Tumbuh Gigi Pada Anak

Cara Meredakan Keluhan Akibat Tumbuh Gigi Pada Anak

Gaya Hidup | yesdok.com | Minggu, 26 Juni 2022 - 19:40
share

Salah satu milestone anak adalah fase tumbuh gigi. Biasanya fase tumbuh gigi ini menjadi momen yang mendebarkan. Bagaimana tidak, di satu sisi pasti orang tau senang jika anaknya mulai tumbuh gigi. Namun disatu sisi orang tua merasa khawatir pada keluhan-keluhan yang dialami si kecil ketika tumbuh gigi. Biasanya saat tumbuh gigi, si kecil akan merasa tidak nyaman, mogok makan dan lebih rewel. Untuk itu, wajib banget buat para orang tua untuk mengetahui cara meredakan keluhan yang dirasakan anak saat tumbuh gigi.

Si kecil terlahir dengan formasi lengkap 20 gigi. Namun, fase tumbuh gigi pada setiap anak berbeda-beda. Ada bayi yang giginya tumbuh saat berusia empat bulan, namun ada pula yang tumbuh setelah MPASI. Pertumbuhan gigi pada anak biasanya akan dimulai dengan munculnya dua gigi seri di depan baik pada gusi bawah atau atas. Berikut ini tahapan pertumbuhan gigi pada bayi yang wajib diketahui:

Perlu diketahui memasuki usia enam bulan antibodi si kecil yang diturunkan dari sang ibu akan menurun. Hal ini tentu mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anak. Sehingga ketika anak memasukkan sesuatu ke mulut cenderung akan membuat anak rentan terkena penyakit. Begitu pula saat si kecil sedang dalam proses tumbuh gigi, si kecil akan merasa tidak nyaman terhadap rasa nyeri tumbuh gigi.

Pertumbuhan gigi pada anak membutuhkan waktu sekitar 8 hari. Waktu ini termasuk pada empat hari sebelum tumbuh gigi dan tiga hari setelah gigi tumbuh melewati gusi. Selama waktu ini mungkin orang tua akan sulit merawat dan menjaga si kecil tetap nyaman. Berikut cara meredakan keluhan yang timbul akibat tumbuh gigi. Caranya dengan memberikan si kecil camilan sehat yang dingin dan mudah dikunyah.

Selain itu, pijat lembut gusi si kecil menggunakan jari bersih atau kain basah, memberikan si kecil mainan yang aman untuk digigit oleh bayi. Pastikan mainan atau teether tersebut sudah dibersihkan. Agar si kecil tetap tenang dan tidak rewel, perdengarkan bayi white noise supaya gampang tidur.

Topik Menarik