Peringatan Rasulullah Bagi Orang Mampu Tapi Tak Mau Berkurban

Peringatan Rasulullah Bagi Orang Mampu Tapi Tak Mau Berkurban

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 26 Juni 2022 - 15:03
share

Kurban dalam bahasa Arab adalah (Al-Udhiyah) yang artinya apa-apa yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha dan hari-hari Tasyrik untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Hukum melaksanakan kurban adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan bagi yang mampu). Karena itu makruh bagi orang yang mampu jika ia tidak melaksanakannya. Namun, ada khilaf tentang hukum berkurban dimana Imam Abu Hanifah mewajibkannya.

Perintah berkurban pada Hari Raya Idul Adha ditegaskan dengan jelas dalam Al-Qur\'an. Allah berfirman:

(1) (2) (3)

Artinya: " Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu, dialah yang terputus ." (QS Al-Kautsar Ayat 1-3)

Bagi orang yang tidak berkurban saat memiliki kelapangan rezeki, maka mendapat ancaman serius sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad shollallohu \'alaihi wasallam.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu \'anhu, Nabi shollallohu \'alaihi wasallam bersabda:

,

Artinya: " Barangsiapa yang mempunyai kelapangan rezeki (harta) tetapi tidak mau berkurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat sholat kami ." (HR Ahmad (2/321), Ibnu Majah 3123, Al-Hakim (4/349), Ad-Daruquthni, Al-Baihaqi)

Bahkan dalam Hadis lain disebutkan: " Barangsiapa yang mempunyai kelapangan rezeki tetapi tidak mau berkurban, maka ia akan mati dalam keadaan Yahudi atau Nasrani ."

Rasulullah SAW juga bersabda: " Tiga perkara yang bagiku hukumnya wajib, tapi bagi kalian hukumnya tathawwu\' (sunnah), yaitu sholat witir, menyembelih udhiyah dan sholat Dhuha ." (HR Ahmad dan Al-Hakim)

Keutamaan Berkurban Dalam Hadis riwayat Imam at-Tirmidzi dan Ibnu Majah disebutkan ganjaran dan keutamaan bagi orang yang berkurban.

Dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu \'anha, Nabi shallallahu \'alaihi wasallam bersabda: " Tidaklah seorang anak Adam mengerjakan amal ibadah yang paling dicintai Allah pada hari Nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan kurban). Hewan itu nanti pada hari Kiamat akan datang dengan tanduk, rambut dan bulunya (sebagai saksi di hadapan Allah). Dan pahala kurban itu di sisi Allah lebih dahulu dari pada darah yang menetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah. Maka hiasilah dirimu dengan ibadah kurban ." (HR at-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Topik Menarik