Suka Travelling? Berikut Tips Efektif Menabung untuk Penuhi Hobi Ini

Suka Travelling? Berikut Tips Efektif Menabung untuk Penuhi Hobi Ini

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 25 Juni 2022 - 19:58
share

JAKARTA Travelling merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Melalui travelling anda dapat mempelajari berbagai budaya dari setiap tempat yang dikunjungi.

Adapun manfaat dari travelling tersebut adalah menyegarkan pikiran, meningkatkan kemampuan komunikasi, menambah relasi, dan juga memperkaya pengetahuan dan wawasan. Namun untuk melakukan travelling tentu diperlukan biaya yang tidak sedikit, bukan?

Travelling di dalam negeri maupun di luar negeri, tidak melulu menggunakan biaya mahal. Anda dapat menyesuaikannya dengan pendapatan yang saat ini anda miliki. Namun, Anda tetap harus cermat dalam membuat perencanaan keuangannya agar tabungan tidak terkuras.

Sebelum melakukan perjalanan yang menyenangkan ada baiknya Anda memiliki tabungan yang cukup. TrenAsia.com telah merangkum beberapa tips menabung efektif berikut ini.

1. Kurangi Pengeluaran dan Sesuaikan dengan Pendapatan

Jajan, belanja, dan menonton bioskop merupakan kebutuhan tersier yang masih dapat dilakukan di lain waktu. Anda sebaiknya mengurangi kegiatan ini agar tidak menggangu anggaran yang sudah disisihkan untuk memenuhi hobi travelling .

Hal ini juga berlaku untuk kebutuhan sehari-hari yang memang anda perlukan seperti makanan pokok, listrik, air, dan internet. Sebaiknya, anda berhemat dalam penggunaannya, atau membeli produk sesuai dengan anggaran pendapatan.

2. Riset Tempat Tujuan Travelling

Hal utama yang perlu anda lakukan sebelum melakukan travelling adalah melakukan riset mengenai tempat yang ingin dituju. Sebaiknya Anda mengetahui hal-hal yang perlu disiapkan terkait perjalanan, akomodasinya, dan biaya yang dikeluarkan per harinya. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat membuat perencanaan travelling lebih matang.

3. Sisihkan Pendapatan

Ketika sudah memiliki rencana untuk travelling , Anda harus menyisihkan beberapa persen dari pendapatan untuk perjalanan tersebut. Pada dasarnya, tidak ada ketentuan yang pasti terkait seberapa banyak pendapatan yang harus anda sisihkan. Namun ada baiknya Anda dapat menyisihkan 10% dari pendapatan supaya hobi ini dapat terwujud.

Cara lain yang dapat anda lakukan adalah menerapkan 50/30/20, yaitu mengalokasikan 50% pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pokok bulanan, 30% untuk mewujudkan keinginan, dan 20% untuk keperluan masa depan, tabungan, dan investasi.

4. Belilah Perlengkapan yang Sedang Diskon

Saat melakukan travelling, Anda pasti akan membutuhkan peralatan tertentu untuk memfasilitasi diri sendiri. Perlengkapan yang anda beli juga harus disesuaikan dengan anggaran pendapatan, agar dapat memenuhi tabungan yang diperlukan untuk travelling nantinya.

Sebagai gambaran, jika anda ingin travelling ke daerah dingin, maka Anda membutuhkan jaket tebal, mantel, topi, dan sebagainya. Carilah perlengkapan tersebut dengan harga yang lebih murah.

5. Persiapkan Proteksi Kesehatan

Salah satu hal terpenting yang harus anda persiapkan sebelum travelling adalah memiliki asuransi kesehatan. Hal ini untuk mencegah atau antisipasi risiko kehidupan menyerang saat ataus setelah travelling . Sementara itu, pemerintah juga mewajibkan setiap warga negara yang ingin travelling ke luar negeri menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan.

Topik Menarik