7 Fakta Holywings Promosi Miras untuk Nama Muhammad dan Maria, Nomor 5 Bikin Miris

7 Fakta Holywings Promosi Miras untuk Nama Muhammad dan Maria, Nomor 5 Bikin Miris

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 25 Juni 2022 - 08:24
share

JAKARTA, iNews.id - Restoran Holywings membuat geger masyarakat dengan promosi minuman beralkohol untuk orang bernama Muhammad dan Maria. Promosi itu pun dikecam banyak pihak.

Manajemen Holywings pun sudah menyampaikan permintaan maaf secara terbuka melalui akun Instagram resminya. Namun hal itu belum cukup membendung kecaman dari berbagai pihak.

Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) melaporkan hal tersebut ke polisi. Sejauh ini Polres Jakarta Selatan sudah menetapkan enam tersangka dalam kasus ini.

Berikut sejumlah fakta terkait kasus yang menggegerkan tersebut:

1. Promosi Holywings dilaporkan ke polisi

Ketua Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Sunan Kalijaga melaporkan manajemen Holywings Indonesia ke Polda Metro Jaya. Kafe itu diduga mempromosikan minuman keras (miras) dengan nada agama.

Saya bersama tim Himpunan Advokat Muda Indonesia sudah melaporkan adanya dugaan penistaan agama yang kami duga dilakukan oleh salah satu manajemen kafe, ujar Sunan Kalijaga, Jumat (24/6/2022).

Diketahui, Holywings mempromosikan miras gratis bagi pengunjung yang bernama Muhammad dan Maria.

Menurut Sunan, Holywings dianggap telah melakukan ujaran kebencian terhadap individu atau kelompok berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Kami sangat menyayangkan promo tersebut yang jelas-jelas terpampang nyata melukai hati umat Muslim dan Nasrani, kata Sunan.

2. Manajemen Holywings sempat minta maaf

Holywings Indonesia meminta maaf unggahan promosinya yang membawa nama Muhammad dan Maria menjadi polemik. Manajemen mengaku sudah menindak tegas karyawannya yang bertanggung jawab atas promo itu.

Sebelumnya unggahan di Instagram Story yang viral tersebut menyebutkan orang yang bernama Muhammad akan mendapatkan satu botol gordons dry gin.

Sementara itu, perempuan yang bernama Maria akan mendapatkan satu botol gordons pink di setiap hari Kamis.

Terkait dengan viralnya unggahan kami (Holywings Indonesia) menyangkut promosi dengan menggunakan nama Muhammad & Maria, kami telah menindak lanjuti pihak tim promosi yang membuat promosi tersebut tanpa sepengetahuan manajemen Holywings Indonesia dengan sanksi yang sangat berat, tulis akun @holywingsindonesia seperti dikutip pada Jumat (24/6/2022).

3. Langsung ditegur Pemprov DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta mengambil langkah tegas dengan memberikan teguran tertulis terkait promosi kontroversi dari sebuah bar dan restoran Holywings. Diketahui restoran itu memberikan promo minuman keras gratis bagi pemilik nama Maria dan Muhammad.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Iffan mengatakan pihaknya langsung mengambil langkah tegas.

Sudah, sudah kami berikan teguran tertulis pertama kepada manajemen, kata Iffan, Jumat (24/6/2022).

Iffan menambahkan manajemen Holywings telah mengabaikan norma di kalangan masyarakat. Bahkan, penggunaan nama Maria dan Muhammad lekat dengan norma agama.

4. Enam orang ditetapkan tersangka kasus penistaan agama

Polisi menangkap 6 orang terkait kasus penistaan agama dan berita hoaks promosi minuman alkohol yang dilakukan Holywings di media sosial. Keenamnya pun ditetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

Dari hasil penyelidikan lalu dinaikan ke penyidikan tadi siang, kami tetapkan 6 orang tersangka, ujar Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto pada wartawan, Jumat (24/6/2022).

Menurutnya, polisi telah mendapatkan sejumlah alat bukti mulai keterangan saksi, keterangan ahli, maupun dokumen. Keenam tersangka merupakan tim kreatif promosi.

Mereka merupakan tim kreatif promosi, yang mana semuanya merupakan karyawan HW, katanya.

5. Motif promosi berbau SARA itu untuk meningkatkan penjualan

Holywings mempromosikan minuman alkohol gratis untuk nama Muhammad dan Maria. Motifnya menarik pengunjung pada outlet-outlet yang dianggap penjualannya masih di bawah target 60 persen.

Polisi menetapkan 6 orang tersangka kasus promosi minuman alkohol untuk nama Muhammad dan Maria yang dilakukan tim kreatif Holywings. Mereka yakni EJD (27), NDP (36), DAD (27), EA (22), A (25), dan AAM (25).

Motif awal mereka buat konten ini untuk menarik minat para pengunjung terhadap outlet-outlet yang dianggap penjualannya masih di bawah target 60 persen. Namun demikian, kita akan terus dalami motif lainnya, ujar Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto pada wartawan, Jumat (24/6/2022).

Menurutnya, polisi masih mendalami ada tidaknya alasan lainnya para tersangka menggunakan nama Muhammad dan Maria dalam promosinya. Adapun promosi disetujui oleh Direktur Kreatif Holywings berinisial EJD (27).

Enam tersangka punya peran dan tugas masing-masing, jadi ujungnya adalah produk tadi, even promosi yang mereka sampaikan. Namun, dalam prosesnya mereka saling berdiskusi, saling menyampaikan dan semacamnya, terakhir mengambil keputusan Direktur Kreatif yang menyetujui atau tidak terhadap apa yang dihasilkan staf di bawahnya, katanya.

6. Digeruduk GP Ansor

GP Ansor melakukan konvoi ke Holywings pada malam ini. Aksi tersebut buntut promosi minuman alkohol gratis untuk orang yang memiliki nama Muhammad dan Maria.

Namun Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto menyebut seluruh Holywings di Jaksel tutup sejak sore hari ini.

Holywings kalau tak salah tutup itu dari tadi sore, (GP Ansor) mau datang mau ngapain?, ujar Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Budhi Herdi Susianto pada wartawan, Jumat (24/6/2022).

7. Wagub DKI minta jangan ada lagi promosi berbau SARA

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menyayangkan adanya promosi minuman keras (miras) yang menyematkan nama \'Muhammad\' dan \'Maria\' oleh restoran, kelab malam, dan bar Holywings. Menurutnya, perbuatan itu tak patut dilakukan.

Tentu kami sangat menyayangkan. Harusnya kita menghormati dan menghargai apalagi bangsa kita adalah bangsa yang sangat beragam yang sangat menghargai para tokoh, nabi, dan rasul, kata Riza, Jumat (24/6/2022).

Karena itu, Riza meminta agar tidak ada lagi pihak yang mencoba membawa SARA dalam kegiatan promosi suatu usaha dan mengarah ke hal-hal yang tidak baik.

Muhammad adalah nama rasul, mudah-mudahan tidak lagi dilakukan, ini menjadi koreksi, katanya.

Topik Menarik