Deretan Amalan Sunnah di Hari Arafah, Perbanyak Doa hingga Bertakbir

Deretan Amalan Sunnah di Hari Arafah, Perbanyak Doa hingga Bertakbir

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 23:36
share

JAKARTA, celebritis.id - Bulan Dzulhijjah sangat erat dan berhubungan dengan hari Arafah. Di mana pada waktu tersebut, jamaah haji akan berkumpul di Padang Arafah untuk melakukan wukuf, yakni sebagai salah satu syarat sah menunaikan ibadah tersebut. Hal ini salah satu tahapan yang harus dilalui, sebelum memasuki Hari Raya Idul Adha.

Tahapan puncak dari ibadah haji adalah wukuf di Arafah, di hari sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, ujar Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Sebagai seorang muslim ketikah hari Arafah tiba amalan-amalan yang bisa dilakukan sebagai berikut :

Pertama, perbanyak doa, mintalah segala kebutuhan (hajat) Hari Arafah sebaik-baiknya waktu untuk bermunajat pada Allah SWT.

Artinya: Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. (HR. Tirmidzi, no. 3585)

Setiap muslim sangat menginginkan kesempatan untuk melakukan ibadah haji. Salah satu alasannya karena wukuf di Padang Arafah, yaitu salah satu saat dimana doa akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa taala, terangnya.

Kedua, memohon ampunan kepada Allah SWT. Pada hari Arafah Limpahan Maghfiroh Allah kepada para hamba-hambaNya akan mengalir, sebagai bentuk keagungan Allah SWT.

Dari Aisyah, ia berkata bahwa Nabi bersabda:

,

Artinya: Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka? (HR. Muslim no. 1348)

Ketiga, menebar kebaikan, beramal shalih termasuk bersedekah, setidaknya totalitas kita yang tidak ikut ibadah haji, juga akan mendapatkan perhatian Allah, sekaligus ridhaNya, ucapnya.

Nabi Muhammad bersabda

Artinya: Sesungguhnya Allah berbangga kepada para malaikat-Nya pada sore Arafah dengan orang-orang di Arafah, dan berkata: Lihatlah keadaan hambaku, mereka mendatangiku dalam keadaan kusut dan berdebu (HR. Ahmad 2: 224.)

Keempat, Puasa Arafah, bagi yang sedang tidak berhaji, jangan berkecil hati karena dapat menjalankan puasa sunnah tersebut agar mendapatkan keutamaannya, yakni diampuni segala dosa-dosa.

Pada hari arafah Allah melimpahkan rahmatNya, memberikan ampunan bagi hambaNya karena puasanya. Para setan cemburu, bahkan geram sebab banyaknya ampunan yang dilimpahkan Allah bagi umat Islam, katanya.

Sebagaimana dalam salah satu riwayat hadits dijelaskan, Rasulullah bersabda:

Artinya: Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu. (HR. Muslim, no. 1162)

Kelima, Memperbanyak zikir dan tahlil sebagai tanda peneguhan keimanan kepada Allah Subhanahu wa taala.

Hari Arafah bisa menjadi momentum yang sangat istimewa, maka perbanyaklah zikir dan kalimat tahlil salah satu sebagai amalan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, tuturnya.

Terdapat kalimat tahlil yang dibaca Nabi Muhammad saat Hari Arafah, yaitu:

:

Artinya: Kalimat utama yang aku dan para nabi ucapkan pada senja hari Arafah adalah: Laa Ilaha Iillallah Wahdahu Laa Syarika Lah Lahul Mulku Wa Lahul Hamdu Wa Huwa Ala Kulli Syai-in Qadiir (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliki-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu). (HR. Ath-Thabrani)

Keenam, mengumandangkan takbir sebagai bentuk kebesaran Allah Azza Wajaala.

- -

Artinya:Kami pagi-pagi bersama Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dari Mina menuju Arafah, di antara kami ada yang bertalbiyah dan di antara kami ada yang bertakbir. (HR. Muslim, no. 1284).

Topik Menarik