Gempa Kedua Landa Afghanistan Timur yang Hancur, 5 Tewas

Gempa Kedua Landa Afghanistan Timur yang Hancur, 5 Tewas

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 22:16
share

KABUL Afghanistan timur kembali diguncang gempa bumi pada Jumat (24/6/2022) setelah sebelumnya gempa bermagnitudo 6,1 meluluhlantakkan wilayah itu pada Rabu lalu.

"Pagi (ini) gempa lain terjadi di Paktika di distrik Gayan, menurut informasi utara lima orang tewas," kata juru bicara kementerian kesehatan Afghanistan Sharafat Zaman kepada Reuters yang dinukil Al Araby .

Situs web Survei Geologi Amerika Serikat (AS) menunjukkan gempa berkekuatan 4,3 skala Richter melanda dekat perbatasan Pakistan-Afghanistan pada Jumat.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6 skala Richter pada hari Rabu lalu - yang terjadi pada malam hari ketika orang-orang sedang tidur - menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat berteduh dan membuat kebutuhan negara itu semakin meningkat. Sebanyak 1.150 orang tewas dan sedikitnya 1.600 orang terluka.

Afghanistan tetap terputus dari sistem moneter internasional, dan kelompok-kelompok bantuan menyesalkan harus membayar staf lokal dengan uang tunai yang dibawa dengan tas dan dikirimkan dengan tangan karena semua negara menolak untuk berurusan langsung dengan Taliban.

Organisasi bantuan seperti Bulan Sabit Merah lokal dan Program Pangan Dunia telah turun tangan untuk membantu keluarga yang paling rentan dengan makanan dan kebutuhan darurat lainnya seperti tenda dan alas tidur di provinsi Paktika, pusat gempa, dan provinsi tetangga Khost.

Truk makanan dan kebutuhan lainnya tiba dari Pakistan, dan pesawat yang penuh dengan bantuan kemanusiaan mendarat dari Iran dan Qatar. Bantuan kemanusiaan India dan tim teknis ke ibu kota, Kabul, untuk mengoordinasikan pengiriman bantuan kemanusiaan.

India mengatakan bantuannya akan diserahkan ke badan PBB di lapangan dan Masyarakat Bulan Sabit Merah Afghanistan.

(ian)

Topik Menarik