Survei: 80 Persen Rakyat Rusia Percaya dan Puas dengan Kepemimpinan Putin

Survei: 80 Persen Rakyat Rusia Percaya dan Puas dengan Kepemimpinan Putin

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 21:36
share

MOSKOW, iNews.id Sebanyak 80 persen orang Rusia percaya dengan tindakan Presiden Vladimir Putin dalam memimpin negara mereka. Hal itu terungkap lewat sebuah hasil jajak pendapat oleh Yayasan Opini Publik Rusia (FOM) yang dirilis pada Jumat (24/6/2022).

FOM melakukan survei nasional dari 17-19 Juni lalu. Lembaga itu mewawancarai 1.500 responden berusia di atas 18 tahun dari 53 wilayah Rusia. Adapun margin of error survei tersebut tidak melebihi 3,6 persen.

Menurut jajak pendapat tersebut, 80 persen responden menunjukkan bahwa mereka memercayai Putin, 12 persen tidak percaya, dan 8 persen ragu-ragu.

Bila dibandingkan dengan jajak pendapat serupa yang dilakukan pada Juni 2021, perbedaannya cukup signifikan. Pada waktu itu, sebanyak 57 persen responden menyatakan percaya dengan tindakan Putin, 32 persen tidak percaya, dan 11 persen ragu-ragu. Hasil semacam ini konsisten hingga akhir Februari lalu, ketika tingkat kepercayaan publik Rusia terhadap Putin mulai terus tumbuh.

Survei itu juga menunjukkan bahwa 81 persen responden puas dengan kebijakan presiden, 8 persen menyatakan pendapat sebaliknya, dan 11 persen menjawab ragu-ragu. Oleh karena itu, tingkat kepuasan publik Rusia terhadap Putin telah tumbuh sekitar seperlima (dari 62 persen) sejak Juni 2021.

Pusat Penelitian Opini Publik Rusia (VTsIOM) juga melakukan jajak pendapat serupa. Lembaga itu mewawancarai 1.600 warga berusia di atas 18 tahun, dari 13 hingga 19 Juni.

Hasil survei VTsIOM yang dirilis pada Jumat ini menunjukkan, Putin saat ini mendapat kepercayaan dari 81,1 persen rakyat Rusia dan kebijakannya dinilai memuaskan oleh 78,7 persen responden. Adapun margin of error dalam jajak pendapat ini tidak lebih dari 1 persen.

Sejak awal operasi militer khusus Rusia di Ukraina, tingkat kepuasan masyarakat negeri beruang merah terhadap Putin dikatakan telah mencapai 80 persen, berfluktuasi sekitar 0,2 poin persentase.

Topik Menarik