Loading...
Loading…
Daftar Makanan untuk Meningkatkan Hemoglobin, Apa Saja?

Daftar Makanan untuk Meningkatkan Hemoglobin, Apa Saja?

Gaya Hidup | genpi.co | Jumat, 24 Juni 2022 - 10:57

GenPI.co Kepri - Ada beberapa daftar makanan untuk meningkatkan hemoglobin. Konsumsi makanan penambah hemoglobin bermanfaat mencegah anemia.

Hemoglobin atau yang disingkat Hb adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah. Tugasnya adalah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Kadar hemoglobin dapat Anda ketahui saat melakukan pemeriksaan darah lengkap. Ketika kadar hemoglobin Anda rendah, fungsi penting ini akan sangat terganggu.

Maka itu, hemoglobin rendah harus diatasi segera. Makanan adalah salah satu cara paling sederhana untuk bantu meningkatkan Hb yang rendah.

Berikut adalah daftar makanan untuk meningkatkan Hb rendah: 1. Daging sapi

Daging sapi merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan kadar Hb dalam darah.

Di dalam daging sapi terkandung zat besi yang berguna untuk meningkatkan produksi hemoglobin. Dengan begitu, sel darah merah pun dapat diproduksi dalam jumlah cukup.

Dalam 100 gram daging sapi giling mengandung 2,7 mg zat besi. Selain kaya zat besi, daging sapi juga mengandung asam folat yang turut berperan penting dalam produksi hemoglobin dalam tubuh. 2. Jeroan sapi

Baca Juga :
Penderita Anemia Merapat! Begini Cara Dongkrak Kadar Hemoglobin Secara Alami di Rumah

Jeroan sapi, termasuk jantung, otak, ginjal, hingga hati sapi merupakan makanan dengan sumber zat besi terbaik untuk penambah hemoglobin. Dalam satu porsi hati sapi (100 gram), terdapat zat besi sebanyak 6,5 mg.

Anda disarankan mengonsumsi beberapa kali dalam satu minggu, tergantung saran dari dokter Anda. Namun,untuk ibuhamil, jangan makan hati sapi lebih dari 1-2 kali dalam satu bulan, khususnya pada trimester pertama. 3. Makanan laut

Makanan laut, seperti kerang dan udang juga mengandung zat besi juga berguna untuk meningkatkan hemoglobin (Hb) dalam darah. Dalam satu porsi penyajian, kerang bisa mengandung zat besi hingga 3 mg.

Selain kerang dan udang, ikan tuna juga mengandung zat besi. Dalam 85 gram tuna terdapat 1,4 mg zat besi yang baik untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah Anda. 4. Daging ayam

Selain daging sapi, daging ayam juga mengandung zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar Hb yang rendah. Anda disarankan mengonsumsi daging ayam bagian paha sekali dalam sehari.

Daging ayam bagian dada juga dapat membantu meningkatkan hemoglobin Anda, tetapi tidak sebaik bagian paha. Pastikan memasak daging ayam dengan matang sempurna sebelum mengonsumsinya. 5. Sayur dan buah-buahan

Baca Juga :
Meski Bau, Pete Bisa Jadi Obat Penyakit Berbahaya Lho! Ini Sederet Manfaatnya...

Mengonsumsi makanan penambah hemoglobin saja tidak cukup jika proses penyerapannya tidak berjalan baik. Untuk memastikan penyerapan zat besi berjalan baik, Anda perlu makan makanan kaya vitamin C secara bersamaan.

Vitamin C dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang nantinya akan diserap oleh tubuh.

Selain makanan kaya vitamin C, makanan yang mengandung beta karoten juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi dan meningkatkan kadar Hb dalam darah. 6. Tahu

Protein nabati seperti tahu juga merupakan makanan yang baik untuk meningkatkan hemoglobin. Satu porsi tahu (100 gram) mengandung 2,66 mg zat besi dan sejumlah mineral, termasuk kalsium, magnesium, dan selenium.(Hellosehat)

Video viral hari ini:

Original Source

Topik Menarik

{