Kakak Beradik Asal Depok Alami Penyempitan Otak, Apa Gejala dan Penyebabnya?

Kakak Beradik Asal Depok Alami Penyempitan Otak, Apa Gejala dan Penyebabnya?

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 09:57
share

KAKAK beradik asal Depok, Jawa Barat mengalami penyempitan otak. Mereka adalah Nabila Hasna Amira (9) dan adiknya, Azka Nazwan Al Islami (6). Penyakit itu diketahui sudah dialami sejak usia sang adik 1,5 tahun.

Sayangnya, karena masalah ekonomi, orangtua Nabila dan Azka tak bisa melanjutkan pemeriksaan maupun membeli obat sejak 2020. Sebelumnya kakak adik ini mendapat penanganan medis akibat penyempitan otak di RS Hermina Depok, Jawa Barat.

mengalami penyempitan otak

Terlepas dari itu, penyakit penyempitan otak yang kemungkinan dalam dunia medis disebut Sindrom Vasokonstriksi Serebral Reversibel (RCVS) tersebut adalah kondisi langka yang terjadi sebagian besar akibat terjadinya penyempitan pembuluh darah yang memasok darah ke otak secara tiba-tiba.

Kalau ditanya apakah penyakit ini berbahaya, diterangkan laman Cleveland Clinic, pada kebanyakan kasus, pasien RCVS dapat sembuh total. Meski, tak bisa dipungkiri kondisi langka ini menyebabkan masalah serius di sistem neurologis pasien.

"RCVS biasanya tidak kambuh setelah dinyatakan sembuh," ungkap laman kesehatan terverifikasi tersebut, Jumat (24/6/2022).

Nah, bicara soal gejala yang biasanya muncul ketika seseorang didiagnosis RCVS, dikatakan di sana bahwa sakit kepala yang parah dan mendadak adalah gejala paling umum dilaporkan. Selain itu, gejala penyerta yang juga muncul antara lain:

1. Stroke atau serangan iskemik transien (stroke ringan)

2. Kelemahan tubuh

3. Masalah pada penglihatan

4. Kejang

Topik Menarik