Loading...
Loading…
Sosok Luthfania, Alumni HI Unhas Penerima Bidikmisi yang Lulus Cumlaude dengan IPK Sempurna

Sosok Luthfania, Alumni HI Unhas Penerima Bidikmisi yang Lulus Cumlaude dengan IPK Sempurna

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Buka Mata News | Jumat, 24 Juni 2022 - 09:04

MAKASSAR, BUKAMATA - Salah satu nama yang menarik perhatian peserta wisuda dan para tamu undangan pada acara Wisuda di Baruga AP Pettarani Universitas Hasanuddin adalah Luthfania Andriani. Mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi ini membuktikan bahwa prestasi akademik dapat berdampingan dengan prestasi di bidang non akademik.

Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional ini lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 4,00 cumluade.

Mahasiswi kelahiran Sorowako ini menyelesaikan studinya di Unhas tepat waktu selama 4 tahun, artinya, Luthfania mendapatkan nilai A dalam setiap mata kuliah yang diambil dan tidak pernah mengulang satupun maya kuliah.

Luthfania berhasil mendapatkan gelarnya melalui tesis berjudul, Reformulasi Politik Luar Negeri Amerika Serikat di Amerika Latin dan Dampaknya di Bidang Politik & Keamanan.

Alumni SMA YPS Sorowako ini memang tidak main-main jika menyoal prestasinya, Luthfania telah menorehkan sejumlah prestasi di bidang akademik. Salah satunya adalah terpilihsebagai Delegasi Indonesia dalam program pertukaran pelajar ke Illinois, Amerika Serikat di Herrin High School.

Baca Juga :
3 Tips Jitu Belajar Agar IPK Bisa Cumlaude!

Kendati cerdas dalam bidang akademik, Luthfania juga ternyata tetap aktif dalam kegiatan non akademik seperti bergabung dalam organisasi kemahasiswaan atau mengikuti aksi-aksi Volunteers. Semasa mahasiswa, Luthfania berperan aktif sebagai anggota UKM Panca Suci FISIP Unhas, UKM Debat Bahasa Indonesia FISIP Unhas.

Bagaimana kesuksesan tersebut dapat diraih Luthfania secara bersamaan? Berikut Luthfania bocorkan kiat-kiat yang dia jalani hingga hari ini

Luthfania menyebut kata-kata kunci berikut, kerja keras, konsistensi, dan tidak menunda-nunda.

Saya selalu pegang prinsip untuk selalu menjaga totalitas ditiap hal yang saya kerjakan, apalagi di akademik. Lalu dalam mengerjakan tugas saya cenderung selalu berusaha agar tidak menunda-nunda untuk mengerjakannya dan saya suka menyicil tugas tiap hari, "benernya.

Tak kala penting lanjut Luthfania, bagaimana membangun konsistensi dalam belajar. Pihaknya juga tidak segan untuk berdiskusi dengan teman-teman di kelas mengenai materi atau tugas kuliah.

"Jadi kami bisa makin banyak belajar dan paham tentang materi di kelas, tambahnya

Baca Juga :
5 Artis Cantik Ini Lulus Kuliah dengan Predikat Cumlaude Loh!

Menurut Luthfania, setiap mata kuliah masing-masing punya sisi menarik.Apalagi di jurusan HI yang ditempuhnya, menyajikan mata kuliah dengan topik yang sangat beragam.

" Beragam, seperti ekonomi internasional, gender, demokrasi, studi kemaanan, studi kawasan asia tenggara, dan banyak bahas kawasan negara lainnya. Jadi tiap mata kuliah membawa hal-hal unik yang baru bagi saya untuk dipelajari, cetusnya.

Hal lain yang ditekankan Luthfania adalah manajemen waktu. Sebagai mahasiswa yang aktif baik dalam bidang akademik maupun non-militer akademik, membagi waktu dengan baik adalah salah satu kunci suksesnya.

Apalagi kalau kita juga aktif di kegiatan non akademik atau organisasi, jadi terkadang ada yang ketteran, atau lagi sibuk, jadi harus bisa memanage waktu dengan baik, "tutupnya.

Original Source

Topik Menarik