Loading...
Loading…
Kenali Bakat dan Minat Anak, Ini Saran Ahli

Kenali Bakat dan Minat Anak, Ini Saran Ahli

Gaya Hidup | gatra.com | Jumat, 24 Juni 2022 - 08:16

Jakarta, Gatra.com- Psikolog Anak & Co-Founder TigaGenerasi, Saskhya Aulia Prima menyatakan bahwa Mengenali bakat dan minat si kecil adalah tahapan awal yang bisa dilakukan orang tua untuk mengembangkan mimpi serta potensi anak. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengenali bakat dan minat tersebut.

Yang pertama, penting bagi setiap orang tua untuk terus mengamati dan observasi potensi anak, selanjutnya orang tua bisa mengajak si kecil untuk terus bereksplorasi dan berlatih secara konsisten, serta hadir dalam setiap proses latihan.

"Selain itu, orang tua harus terus belajar dan mengetahui perkembangan zaman agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari anak. Orang tua diharapkan mampu memupuk karakter anak untuk selalu adaptif dengan mimpi yang ingin ia capai, mengamati karakter si kecil dan yang terpenting bisa lebih sabar dalam menikmati prosesnya, ungkapnya dalam konferensi pers virtual Lazada Mother and Baby Festival, Kamis (23/6).

Berdasarkan survey secara daring yang dilakukan oleh Lazada dan Babyologist pada bulan Juni 2022 dengan responden ribuan ibu di Indonesia, ternyata 41% orang tua mengaku masih belum menemukan potensi serta arah minat dan bakat si kecil.

Baca Juga :
3 Tips yang Harus Diperhatikan agar Tak Salah Jurusan Kuliah

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah anak yang cenderung masih mengeksplorasi hal baru, kesulitan anak untuk fokus hingga mood anak yang seringkali berubah-ubah.

Sebanyak 61% orang tua mengakui mereka gemar mencari informasi dari para expert melalui webinar parenting, sosial media maupun sumber lainnya sebagai salah satu upaya dalam mengatasi tantangan ketika mengasah potensi serta minat dan bakat si kecil.

Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, dan mereka terus mencari informasi agar mendapatkan bekal parenting yang cocok dan relevan dengan perkembangan zaman terkini," kata VP FMCG Lazada Indonesia, Lia Kurtz.

Lazada secara rutin menyelenggarakan seminar edukasi parenting bersama Babyologist. Sehingga orang tua bisa secara langsung memperoleh informasi parenting dari para ahli di bidangnya.

"Kali ini kami secara khusus mengangkat tema seputar bagaimana orang tua bisa menggali potensi dalam diri anak dan membantu mereka menjadi pribadi yang sukses dan mandiri di masa depan terutama karena perubahan jaman yang sangat cepat, ungkap Lia.

Baca Juga :
Tes Minat Bakat Anak, Seberapa Perlu? Ini Kata Psikolog

Original Source

Topik Menarik

{
{