Apindo Sebut Robotisasi Tak Dapat Gantikan Tenaga Manusia, Ini Alasannya

Apindo Sebut Robotisasi Tak Dapat Gantikan Tenaga Manusia, Ini Alasannya

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 07:57
share

IDXChannel - Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Ketenagakerjaan Bob Azam mengatakan hadirnya robot atau robotisasi di industri tidak akan menggerus tenaga kerja manusia.

"Nggak usah khawatir bahwa dengan adanya robot kemudian akan menyebabkan tergerus tenaga kerja, tetap robot itu membutuhkan maintenance cuma kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan lebih tinggi," kata Bob kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (23/6/2022).

Ia menambahkan kalau dulu mendidik operator mungkin butuh 3 sampai 4 bulan saja, kedepan menurutnya harus mendidik orang-orang yang bisa melakukan perawatan robot dan membutuhkan pendidikan yang lebih lama.

"Paling tidak dibutuhkan waktu 3 sampai 4 tahun untuk mendidiknya. Jadi tetap kita butuh human resource tapi kualitasnya jauh lebih tinggi keterampilan yang dibutuhkan juga jauh lebih tinggi," jelasnya.

Bob mengungkapkan beberapa manfaat dengan adanya robot yang dilibatkan dalam proses produksi. "Yang pertama kan robot dipakai untuk hal-hal yang sifatnya presisi, jadi kalau udah aktivitas yang menyangkut milimeter lah, itu harus udah menggunakan robot. Kemudian yang kedua pekerjaan-pekerjaan yang dirty job ya yang nggak mungkin dikerjakan oleh manusia, nah itu juga digunakan robot. Itu yang basic foundationnya," paparnya.

Kedepan menurut Bob akan semakin banyak pekerjaan-pekerjaan yang memiliki masalah ergonomis itu penyelesaiannya menggunakan robot.

"Nanti operator akan semakin mudah pekerjaannya, produktivitasnya semakin tinggi, tetapi dia akan banyak dibantu oleh robot. Nah yang terakhir penggunaan robot itu dalam rangka untuk mengurangi emisi," ungkapnya.

(SAN)

Topik Menarik