Loading...
Loading…
Gempa M6,1 Guncang Afghanistan, Korban Meninggal Tembus 1.000 Orang dan Diperkirakan Akan Bertambah

Gempa M6,1 Guncang Afghanistan, Korban Meninggal Tembus 1.000 Orang dan Diperkirakan Akan Bertambah

Powered by BuddyKu
Gaya Hidup | Okezone | Jumat, 24 Juni 2022 - 07:17

KABUL Korban meninggal akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 yang mengguncang Afghanistan dan Pakistan pada Selasa (21/6/2022) malam diperkirakan akan terus bertambah.

Pejabat manajemen bencana mengatakan korban tewas akibat gempa bumi di Afghanistan pada Rabu (22/6/2022) telah menembus 1.000 orang dan lebih dari 600 orang terluka. Jumlah itu diperkirakan akan bertambah seiring informasi mengalir dari desa-desa pegunungan terpencil.

Foto-foto yang beredar di media menunjukkan rumah-rumah menjadi puing-puing dan mayat-mayat yang terbungkus selimut tergeletak di tanah setelah gempa berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang Afghanistan dan Pakistan pada Selasa (21/6/2022) malam.

Sejumlah orang yang jumlahnya tidak diketahui masih terjebak di bawah puing-puing dan di daerah-daerah terpencil, kata pekerja kesehatan dan bantuan yang dilansir Reuters. Operasi penyelamatan diperumit oleh kondisi sulit termasuk hujan lebat, tanah longsor dan banyak desa terletak di daerah lereng bukit yang tidak dapat diakses.

"Banyak orang masih terkubur di bawah tanah. Tim penyelamat Imarah Islam telah tiba dan dengan bantuan penduduk setempat berusaha mengeluarkan korban tewas dan luka-luka," kata seorang petugas kesehatan di sebuah rumah sakit di Provinsi Paktika yang dilanda gempa.

Baca Juga :
Dahsyatnya Gempa di Afghanistan, Korban Tewas Melonjak Jadi 280 Orang

Operasi penyelamatan akan menjadi ujian besar bagi pemerintahan Taliban yang mengambil alih kekuasaan di Afghanistan tahun lalu. Saat ini Kementerian pertahanan yang dipimpin Taliban memimpin upaya penyelamatan.

Original Source

Topik Menarik

{