Uni Eropa Terima Ukraina sebagai Kandidat, Zelensky: Ini Kemenangan!

Uni Eropa Terima Ukraina sebagai Kandidat, Zelensky: Ini Kemenangan!

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 07:17
share

KIEV, iNews.id - Presiden Volodymyr Zelensky menyambut baik keputuan Uni Eropa yang menerima Ukraina sebagai kandidat blok beranggotakan 27 negara itu. Dia menyebut keputusan tersebut sebagai kemenangan seraya berjanji tak akan menyerah melawan Rusia.

Para pemimpin Uni Eropa, dalam pertemuan di Brussel, Belgia, Kamis (23/6/2022), secara resmi menerima Ukraina sebagai kandidat. Ini merupakan langkah geopolitik berani serta momen bersejarah.

Ini adalah kemenangan, kata Zelensky, dalam video singkat di akun Instagram-nya, seperti dilaporkan kembali Reuters, Jumat (24/6/2022).

Ukraina sudah menunggu selama 30 tahun untuk diterima sebagai anggota Uni Eropa. Namun langkah untuk menjadi anggota tetap masih panjang.

Kita bisa mengalahkan musuh, membangun kembali Ukraina, bergabung dengan UE, kemudian kita bisa beristirahat. Atau mungkin kita tidak akan beristirahat sama sekali. Anak-anak kita akan tersinggung. Tapi tanpa ada keraguan, kita akan menang, ujarnya.

Sementara itu kepala staf Zelensky Andriy Yermak mengatakan Ukraina segera mengimplementasikan berbagai rencana yang diperlukan untuk memulai pembicaraan keanggotaan.

Ukraina akan berada di Uni Eropa, ujarnya, dalam cuitan.

Topik Menarik