Pascagempa, Masjid di Mamuju Masih Ada yang Belum Terenovasi

Pascagempa, Masjid di Mamuju Masih Ada yang Belum Terenovasi

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 23 Juni 2022 - 17:37
share

JAKARTA, iNews.id - Pascagempa bermagnitudo 6,2 pada 15 Januari 2021, Masjid Abdir Ridha Karatuan, Dusun Tamao, Desa Tampalang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju masih berwujud runtuhan. Hingga kini, masjid tersebut belum dibangun kembali. Warga pun salat di bangunan masjid sementara yang masih semi permanen.

Diah Khalifa dari tim Aksi Cepat Tanggap Mamuju, mengatakan bangunan Masjid Abdir Ridha saat ini hanya menggunakan terpal sebagai dinding. Sedangkan, lantainya masih tanah yang dilapisi karpet tipis yang biasa digunakan untuk menutup meja.

Atapnya menggunakan terpal lalu dilapisi seng yang sudah berkarat. Seng-seng ini merupakan sisa puing bangunan dari rumah-rumah warga yang juga hancur karena gempa. Tiang-tiang penyangga menggunakan kayu berdiameter 8 sampai 10 cm, ujar Diah.

Jika hujan disertai angin, air akan masuk ke dalam masjid. Terpal yang terkena angin juga mengganggu jemaah jika sedang beribadah.

Bangunan sementara Masjid Abdir Ridha ini merupakan hasil swadaya warga yang menggunakan bahan-bahan bangunan dan biaya seadanya. Kondisi ekonomi warga yang pas-pasan membuat biaya untuk membangun masjid tak kunjung terkumpul.

Mayoritas warga bekerja sebagai petani dan buruh tani. Penghasilan mereka tak menentu, bergantung pada hasil panen dan orang yang mempekerjakan. Penghasilan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga, tutur dia.

Melihat kondisi Masjid Abdir Ridha, ACT Mamuju tengah berikhtiar untuk membantu pembiayaan pembangunan ulang masjid. Tujuannya agar warga kembali memiliki masjid yang lebih layak agar ibadah jauh lebih tenang.

Topik Menarik