Posisi Marcus/Kevin Melorot Jika Tak Ada Pembekuan Ranking BWF

Posisi Marcus/Kevin Melorot Jika Tak Ada Pembekuan Ranking BWF

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 23 Juni 2022 - 16:57
share

JAKARTA Federasi Badminton Dunia (BWF) masih membekukan ranking dunia selama kurang lebih satu tahun. Menariknya, jika tak ada aturan tersebut, posisi ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sudah dipastikan melorot.

The Minons saat ini masih bertengger di peringkat satu dunia berdasarkan perhitungan poin BWF. Marcus/Kevin tercatat mengoleksi 111,827 poin meski mereka baru mengikuti tiga turnamen tahun ini.

Akan tetapi, ternyata koleksi poin yang dimiliki Marcus/Kevin adalah berdasarkan perhitungan karena adanya pembekuan ranking. Sebagai informasi, BWF sempat membekukan ranking pebulu tangkis karena pandemi Covid-19 mulai dari pekan ke-12 2020, tepatnya pada 17 Maret (penghitungan poin dari pekan ke-12 2019).

Meski demikian, BWF mengumumkan penghapusan pembekuan (pencairan) ranking secara bertahap mulai tanggal 2 Agustus 2022. Untuk selanjutnya, BWF akan mengumumkan ranking baru para pebulu tangkis pada 3 Januari 2023.

Kevin Sanjaya/Markus Fernaldi Gideon
Kevin Sanjaya/Markus Fernaldi Gideon

Secara hitungan, jika tidak ada pembekuan ranking dari BWF ternyata Marcus/Kevin sudah tidak menjadi peringkat satu dunia. Tercatat, berdasarkan penghitungan poin dalam 52 pekan, sejatinya Marcus/Kevin hanya bisa mengumpulkan 86,547 poin atau tertinggal dari pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang memiliki total 97,050 poin.

Itu artinya, The Minions seharusnya berada di peringkat kedua dunia. Sedangkan, peringkat satu dunia adalah Hoki/Kobayashi.

Berdasarkan hitungan tersebut, sejatinya hal tersebut tidak mengejutkan bagi sejumlah pihak. Pasalnya duet Marcus/Kevin hanya mengikuti tiga turnamen pada tahun ini.

Marcus diketahui harus menjalani operasi pada engkel kakinya awal April lalu. Oleh sebab itu, The Minions sempat absen dalam beberapa turnamen seperti Swiss Open, Korea Open, dan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022.

Setelah itu, Marcus/Kevin comeback di Indonesia Masters dan Indonesia Open 2022. Sayangnya, mereka hanya mampu mencapi semifinal di Indonesia Masters, dan terhenti di babak 16 besar pada Indonesia Open 2022.

Kevin Sanjaya/Markus Fernaldi Gideon
Kevin Sanjaya/Markus Fernaldi Gideon

Terbaru, pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi (Herry IP) mengonfirmasi Marcus/Kevin akan absen dalam tiga turnamen selanjutnya. Tiga turnamen itu adalah Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapura Open 2022.

"Benar, Minions kita tarik dari tiga turnamen di Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapura Open karena Marcus belum pulih dari cedera paska-operasi di bagian tumit kirinya. Gerakannya di lapangan belum normal seperti dulu," kata Herry IP, dilansir dari rilis resmi PBSI, Kamis (23/6/2022).

Nantinya The Minions diharapkan bisa kembali tampil saat Kejuaraan Dunia 2022 di Jepang. Turnamen itu akan dihelat di Tokyo pada 21-28 Agustus 2022 mendatang.

Topik Menarik