Sejumlah Wilayah di Pulau Laut Kotabaru Tergenang Banjir

Sejumlah Wilayah di Pulau Laut Kotabaru Tergenang Banjir

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 23 Juni 2022 - 15:37
share

KOTABARU, iNews.id - Sejumlah wilayah di Pulau Laut Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, tergenang banjir setinggi pinggang orang dewasa, Kamis (23/6/2022). Banjir diduga akibat intensitas hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir.

Ya akibat hujat lebat menyebabkan banjir di Desa Sungai Paring, Pembataan, Desa Sungai Taib, Desa Semayap, Kotabaru bagian tengah dan Wilayah Agusalim, kata Plt BPBD Kotabaru, Hendra, Kamis (23/6/2022).

Bukan hanya itu, kondisi tersebut diperparah akibat adanya luapan air dari Sungai Desa Semayap Pulau Laut Utara, hingga saat ini tinggi air mencapai pinggang orang dewasa.

Di wilayah perkantoran juga mengalami kebanjiran di antaranya kantor pertanian, kantor tenaga kerja dan tranmigrasi serta berapa perkantoran di Jalan Yakut Desa Dirgahayu.

Kini BPBD Kotabaru dengan relawan berhasil mengevakuasi anak-anak sekolah dasar di SDN Semayap 2 menggunakan prahu karet selanjutnya di pulangkan ke rumah orang tua siswa masing-masing, ujarnya.

Bersama relawan, BPBD Kotabaru juga mengevakuasi warga lansia dan ibu-ibu yang terdampak banjir.

Menurutnya, penyebab banjir di beberapa tempat akibat intensitas hujan yang lebat dan lama sehingga banyak daerah rendah dan dekat aliran sungai mengalami luapan hingga ke pemukiman warga.

Dirinya mengimbau, agar masyarakat di sekitaran daerah rawan banjir untuk selalu waspada karena tidak menutup kemungkinan ada hujan susulan yang berpotensi banjir.

Alhamdulillah banjir mulai surut hingga arus lalu lintas dari luar kota menuju Kotabaru relatif aman dan lancar, namun masih ada beberapa rumah masih tergenang banjir, katanya.

Topik Menarik