Selain Gudeg, Berikut Rekomendasi Kuliner Jogja yang Wajib Kamu Coba saat Berlibur!

Selain Gudeg, Berikut Rekomendasi Kuliner Jogja yang Wajib Kamu Coba saat Berlibur!

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Kamis, 23 Juni 2022 - 09:00
share

Memasuki masa libur sekolah, mungkin beberapa di antara kamu sudah merencanakan untuk berlibur bersama keluarga ke Yogyakarta. Selain punya banyak situs budaya dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi, di Kota Pelajar ini kamu juga bisa mencicipi sederet kuliner khas yang lezat. Enggak selalu gudeg, berikut beberapa tempat rekomendasi kuliner Jogja yang cocok diburu saat berwisata kuliner.

Mangut Lele Mbah Marto

rekomendasi-kuliner-jogja-yang-wajib-dicoba

Selain gudeg , saat berlibur ke Yogyakarta kurang afdal kalau kamu tidak mencicipi lezatnya Mangut Lele Mbah Marto. Mangut lele sendiri merupakan kuliner Jogja legendaris yang menggunakan bahan utama berupa ikan lele yang dimasak dengan cara diasapi, lalu dimasukkan ke dalam kuah santan yang telah diberi berbagai bumbu rempah untuk menciptakan cita rasa yang gurih, pedas, dan tentunya lezat.

Meski cukup jauh dari pusat kota, tapi warung makan yang telah berdiri sejak tahun 1960 ini tak pernah sepi pengunjung, lho! Warung makan yang masih mengolah makanannya dengan cara tradisional ini berada di Desa Nggeneng, Sewon, Bantul atau tepatnya di belakang kampus ISI Yogyakarta. Rumah makan ini buka setiap hari, mulai jam 9 pagi hingga 9 malam.

Oseng Mercon Bu Narti

rekomendasi-kuliner-jogja-yang-wajib-dicoba

@osengmerconbunarti.id

Jangan ngaku pencinta pedas kalau kamu belum mencicipi Oseng Mercon Bu Narti. Rumah makan yang telah memiliki beberapa cabang yang tersebar di kota Jogja ini disebut sebagai pelopor oseng-oseng mercon di Yogyakarta, lho! Oseng-oseng mercon merupakan kuliner yang terbuat dari tetelan daging sapi yang kemudian di- oseng atau ditumis dengan banyak potongan cabai rawit.

Kata mercon sendiri diambil untuk menggambarkan citarasa oseng-oseng mercon yang sangat pedas ini. Buat kamu yang penasaran dengan kepedasan Oseng Mercon Bu Narti bisa datang pada jam 4 sore hingga 11 malam. Oh ya, kini oseng-oseng khas Bu Narti ini juga telah tersedia dalam kemasan kaleng sehingga dapat bisa dijadikan sebagai buah tangan kuliner Jogja.

Sate Klathak Pak Pong

rekomendasi-kuliner-jogja-yang-wajib-dicoba

Buat kamu yang suka dengan olahan dari daging kambing, rekomendasi kuliner Jogja satu ini patut masuk daftar makanan yang wajib dicicipi. Sate Klathak Pak Pong dikenal sebagai salah satu tempat makan legendaris yang selalu ramai pengunjung. Berbeda dengan sate kambing pada umumnya, sate klathak ditusuk dengan menggunakan jeruji besi.

Bumbunya sendiri juga tidak menggunakan bumbu kacang atau kecap, melainkan hanya ditaburi garam sehingga menciptakan rasa gurih dan khas. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir karena daging sate klathak dijamin bebas aroma kambing. Penyajian sate klathak yang awalnya hanya ada di daerah Pleret, Bantul ini juga cukup unik karena disajikan bersama dengan kuah gulai.

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Angkringan KR

rekomendasi-kuliner-jogja-yang-wajib-dicoba

Angkringan menjadi pilihan tempat makan kuliner Jogja, serta jadi salah satu ciri khas dari kota yang memiliki status sebagai daerah istimewa ini. Salah satu tempat angkringan yang populer di kalangan wisatawan adalah Angkringan Kedaulatan Rakyat (KR) yang berada di daerah Tugu.

Di Angkringan KR, kamu bisa menikmati nasi kucing khas angkringan yaitu nasi bungkus berisi nasi putih dengan lauk berupa sambal teri atau oseng tempe. Selain itu juga ada nasi kucing rendang, serta berbagai pilihan lauk sate hingga gorengan. Di sini kamu juga bisa memesan kopi joss, yakni kopi hitam panas yang diberi batu bara khusus yang konon katanya baik untuk kesehatan.

Tempoe Gelato

rekomendasi-kuliner-jogja-yang-wajib-dicoba

@tempo.gelato.official

Tempoe Gelato merupakan tempat kuliner hits di Jogja dan cukup populer di kalangan wisatawan. Di sini kamu bisa menikmati lezatnya es krim ala Italia yaitu gelato yang lembut dengan berbagai varian rasa, termasuk rasa unik seperti spicy, atau sorbet ginger alias jahe. Untuk harga, kamu tak perlu khawatir, satu porsi gelato dibanderol dengan harga mulai dari Rp25.000 saja.

Selain menikmati gelato yang lezat, setiap sudut di Tempoe Gelato sangat estetik sehingga cocok untuk berfoto. Restoran ini punya tiga cabang yang ada di Jalan Kaliurang, Tamansiswa, dan Prawirotaman. Jam operasionalnya mulai dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

Dari rekomendasi kuliner Jogja di atas, mana yang sudah pernah kamu coba?

Topik Menarik