Ukraina Larang Musik hingga Buku Rusia di Media dan Ruang Publik

Ukraina Larang Musik hingga Buku Rusia di Media dan Ruang Publik

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 20 Juni 2022 - 06:27
share

UKRAINA - Parlemen Ukraina telah memberikan suara mendukung pelarangan beberapa musik Rusia di media dan ruang publik.

Larangan itu tidak akan berlaku untuk semua musik Rusia, melainkan berkaitan dengan musik yang dibuat atau dibawakan oleh mereka yang merupakan atau merupakan warga negara Rusia setelah tahun 1991.

Seniman yang mengutuk perang Rusia di Ukraina dapat mengajukan permohonan pengecualian dari larangan tersebut. Impor buku dari Rusia dan Belarusia juga akan dilarang berdasarkan undang-undang.

Banyak dari mereka yang tinggal di wilayah timur dan selatan Ukraina secara historis merasakan hubungan yang kuat dengan Rusia, sering kali menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa pertama mereka.

Namun invasi Rusia ke Ukraina telah membuat banyak warga Ukraina ingin memisahkan diri dari budaya Rusia.

RUU tersebut, yang disetujui oleh anggota parlemen pada Minggu (19/6/2022), melarang beberapa musik Rusia diputar atau ditampilkan di televisi, radio, sekolah, transportasi umum, hotel, restoran, bioskop, dan ruang publik lainnya.

Aturan baru ini mendapatkan dukungan dari 303 dari 450 deputi di parlemen Ukraina.

Dokumen itu mengatakan larangan itu akan "meminimalkan risiko kemungkinan propaganda permusuhan melalui musik di Ukraina dan akan meningkatkan volume produk musik nasional di ruang budaya," lapor BBC Monitoring.

Topik Menarik